'Samar-samar' Bupati Cirebon Tunjukkan Rekom Cawabup Ayu

'Samar-samar' Bupati Cirebon Tunjukkan Rekom Cawabup Ayu
Bupati Cirebon Imron Rosyadi. (Maman Suharman)

INILAH, Cirebon - Bupati Cirebon, Imron  akhirnya menunjukan bukti bahwa rekom untuk Cawabup Cirebon sudah dia terima.

Sayangnya, Imron menunjukan rekom tersebut dari dalam kendaraan dinasnya. Selesai menunjukkan surat DPP yang diduga rekom secara kilat, Bupati memberikan keterangan. Awalnya, Imron keberatan rekom tersebut untuk di foto. Namun menurutnya, silahkan saja kalau memang bisa tertangkap kamera.

"Saya sudah tunjukan bahwa memang rekom untuk Cawabup Cirebon sudah saya terima. Jatuhnya ke bu Ayu, yang juga istri mantan bupati Cirebon, Sunjaya. Ini untuk membuktikan bahwa selama ini pernyataan saya tidak hoax," kata Imron, Senin (6/7/2020). Usai menunjukan rekom.

Imron menjelaskan, masalah Wabup sebenarnya bukan persoalan besar. Hal tersebut karena memang ranahnya ada di PDIP. Siapun calon yang sudah mendapatkan rekomendasi, mau tidak mau semua kader harus siap menerima. Sementara untuk pendamping Ayu yang akan di usulkan ke dewan, nama Cunadi sudah valid. 

"Kalau buat pendamping Ayu, memang cunadi. Saya yang mengajukan dan DPP setuju. Tinggal tunggu saja waktu kapan dewan membuka pendaftarannya," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi  Golkar DPRD Kabupaten Cirebon, Anton Maulana menilai, sah sah saja siapa Wabup yang akan mendapatkan rekom. Namun kalau saja muncul nama Ayu dan Cunadi, maka nama Cunadi yang akan menjadi bahan pertinbangan. Hal itu sesuai dengan komentar bupati, yang menyebutkan bahwa Cunadi bisa menghubungkan kepada para kyai.

"Pernyataan bupati bisa menjadi referensi fraksi kami dalam mempertimbangkan pilihan. Kami cenderung mungkin akan mempertimbangkan memilih Cunadi," ungkap Anton. (maman suharman)