Solusi Penanganan Sampah, Satgas Citarum Harum Sektor 6 Ubah Sampah Plastik Jadi BBM

Solusi Penanganan Sampah, Satgas Citarum Harum Sektor 6 Ubah Sampah Plastik Jadi BBM
Foto: Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Satgas Citarum Harum terus melakukan inovasi untuk pembenahan lingkungan. Sebuah mesin dari Kodam III Siliwangi untuk Satgas Citarum Harum Sektor 6 mampu mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM).

"Mesin pengolah sampah ini bisa mengubah sampah plastik menjadi tiga jenis BBM. Yakni minyak tanah, solar, dan bio solar," kata Komandan Satgas Citarum Harum sektor 6, Kolonel Arh Dodo Irmanto di Posko Sektor 6 Citarum Harum Bojongsoang, Senin (6/7/2020).

Dodo menjelaskan, mesin yang didatangkan dari Solo Jawa Tengah itu bisa mengurangi sampah plastik yang selama ini menjadi permasalahan lingkungan. Proses pengubahan plastik menjadi BBM ini memerlukan waktu sekitar lima jam lamanya.

"Jadi, untuk tahap pertama sampah plastik dibakar selama 3 jam, setelah jadi uap kemudian disuling lagi selama 2 jam, kemudian hasilnya ini bisa menjadi minyak tanah, solar, dan bio solar," ujarnya.

Berdasarkan pantauan, mesin ini terbilang efektif mengurangi sampah plastik. Dari 20 kilogram sampah plastik kering bisa menghasilkan maksimal 15 liter dengan tiga jenis BBM. Namun, meski terbukti bisa menghasilkan BBM mesin tersebut belum diuji di laboratorium. Sehingga belum dapat digunakan masyarakat secara luas.

"Sampah-sampah plastik dikumpulkan dan dibawa petugas dari sub sektor dan masyarakat ke tempat ini. Kemudian sampah yang sudah dikeringkan sebelumnya itu di proses dengan mesin ini. Mesin ini bisa menjawab masalah sampah plastik yang memang susah diuraikan hingga ratusan tahun," katanya. (Dani R Nugraha)