Pemkot Tasikmalaya Matangkan Pembangun Tol dengan Daerah Lain

Pemkot Tasikmalaya Matangkan Pembangun Tol dengan Daerah Lain
Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman. (antara)

INILAH, Tasikmalaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya bersama pemerintah daerah lainnya terus menjalin koordinasi untuk mematangkan rencana pembangunan Jalan Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya) agar berjalan sukses karena akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

"Besok (7/6) kita akan rapat dengan seluruh kepala daerah yang dilewati Tol Cigatas dalam tahap pertama," kata Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman kepada wartawan di Tasikmalaya, Senin.

Ia menuturkan, saat ini pembangunan jalan tol sudah masuk tahap lelang di pemerintah pusat, dan tingkat pemerintah daerah akan melakukan rapat bersama untuk kesiapan daerah yang dilintasi jalan bebas hambatan itu.

Ia berharap, para kepala daerah yang wilayahnya masuk dalam program pembangunan jalan tol tersebut dapat bersama-sama menyukseskannya karena nanti akan ada dampak positif untuk peningkatan ekonomi.

Khusus pembahasan di Pemkot Tasikmalaya, kata Budi, sedang mempersiapkan perubahan rencana tata ruang wilayah (RTRW) yang akan disesuaikan dengan rencana pembangunan jalan tol.

"Kami berharap proyek pembangunan Tol Cigatas dapat selesai sesuai target," katanya.

Terkait persoalan pintu keluar tol, kata Budi, berdasarkan gambaran yang sudah dibahas sebelumnya tidak berubah atau masih tetap di Jalan Gubernur Sewaka antara Kecamatan Mangkubumi dengan Kawalu.

"Saya lihat gambarannya, pintu tol tidak berubah, tetap di Jalan Sewaka," kata Budi.

Ia menambahkan, Pemkot Tasikmalaya juga sedang mempercepat proses pembangunan Jalan Lingkar Utara Tasikmalaya untuk menunjang pintu keluar Jalan Tol Cigatas agar tidak terjadi kemacetan.

Pembangunan jalan lingkar utara itu, kata dia, sudah disampaikan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat agar bisa lebih dulu diselesaikan untuk menunjang keberadaan tol.

"Jalan Lingkar Utara Tasikmalaya harus lebih dulu diselesaikan untuk mengatasi kendaraan yang keluar dari tol," katanya. (antara)