PSSI Lakukan Tes Usap Covid-19 kepada Timnas U-16

PSSI Lakukan Tes Usap Covid-19 kepada Timnas U-16
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan tes usap (swab test) Covid-19 kepada seluruh personel tim nasional U-16 termasuk pemain, pelatih dan ofisial pada Selasa (7/7).

"Hal itu dilakukan demi kesehatan bersama. Tes usap tersebut juga sebagai bentuk dukungan PSSI kepada timnas U-16," ujar Iriawan, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Senin.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menegaskan bahwa PSSI terus memantau kegiatan timnas U-16 selama pemusatan latihan (TC) di Bekasi, pada 6-29 Juli 2020.

Sebab, TC tersebut menjadi kegiatan sepak bola pertama yang dilakukan PSSI di tengah pandemi Covid-19.

Beragam protokol kesehatan pun diterapkan seperti semua pemain wajib menggunakan sarung tangan selama berlatih, memakai masker ketika beraktivitas di luar lapangan, melakukan penjarakan fisik, mengikuti tes Covid-19 baik tes cepat maupun tes usap secara rutin dan tidak boleh keluar dari penginapan kecuali ada sesuatu yang sangat mendesak.

Timnas U-16 sudah melakukan tes cepat (rapid test) pada Minggu (5/7) dengan hasil seluruh orang di skuat nonreaktif Covid-19.

Sementara terkait jarak fisik, salau satu contohnya adalah ketika aturan di dalam bus timnas. Setiap baris kursi di dalam bus, yang terdiri dari dua tempat duduk, hanya dapat diisi oleh satu pemain.

Hal itu membuat bus harus dua kali bolak-balik ketika membawa skuat asuhan pelatih Bima Sakti dari hotel ke stadion dan sebaliknya.

Dengan kompleksitas protokol yang sedemikian rupa, timnas U-16 dapat menjalani TC hari pertama pada Senin (6/7) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, dengan baik. Kegiatan yang dimulai pada pukul 07.00-08.30 WIB berjalan tanpa adanya kendala berarti.

Kondisi itu pun diapresiasi oleh Mochamad Iriawan. "Alhamdulillah TC hari perdana berjalan lancar serta pemain dan ofisial Timnas U-16 dalam kondisi sehat semuanya. Terima kasih kepada pemerintah kota Bekasi yang telah memberikan izin dan dukungan kepada PSSI dengan menggelar TC di Stadion Patriot Candrabhaga," tutur Iriawan.

Purnawirawan Polri berpangkat akhir Komisaris Jenderal tersebut juga berencana segera memantau langsung TC yang berlangsung tertutup dari media itu.

"Saya berencana melihat langsung TC Timnas U-16 tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan. PSSI akan terus mendukung semua program dari tim pelatih timnas U-16 demi raihan hasil terbaik di ajang Piala AFC U-16 2020," kata Iriawan.

TC timnas U-16 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada 6-29 Juli 2020 diikuti oleh 26 pemain. Skuat belia Garuda tersebut tengah disiapkan untuk berlaga di Piala Asia U-16 2020 pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain.

Di kejuaraan itu, timnas U-16 Indonesia bergabung di Grup D bersama Arab Saudi, China dan juara bertahan, Jepang. Indonesia akan menghadapi Arab Saudi di laga perdana Grup D pada Jumat (27/11), kemudian melawan China pada Senin (30/11) dan Jepang pada Kamis (3/12).(antara)