Puluhan Kilogram Narkotika Sitaan Selama Pandemi Covid-19 Dimusnahkan

Puluhan Kilogram Narkotika Sitaan Selama Pandemi Covid-19 Dimusnahkan
Foto: Ridwan Abdul Malik

INILAH, Bandung - Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Barat melakukan pemusnahan barang bukti narkotika dan miras selama masa pandemi Covid-19. Masa pandemi Covid-19, nyatanya tidak menyurutkan peredaran barang haram tersebut.

Direktur Reserse Narkoba Polda Jabar Kombes Rudy Ahmad Sudrajat, menyebutkan, barang bukti sitaan selama masa pandemi Covid-19 diantaranya sabu-sabu seberat 4.605,80 gram, ganja 25.942,30 gram.

"Selama Pandemi masih sama saja (peredaran narkotika), sebelum masa pandemi juga," ucap Rudy usai melakukan pemusnahan narkotika di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-hatta, Kota Bandung, Selasa (7/7/2020).

Lebih lanjut, Rudy mengungkapkan, selama pandemi Covid-19, pihaknya menangkap empat orang narapidana yang baru bebas usai mendapatkan asimilasi. Empat tersangka ini berasal dari Kota Bandung, Kota Cirebon, Kota Cimahi dan Kabupaten Majalengka.

"Napi asimilasi mereka mengedarkan juga karena jaringan mereka masih berjalan jadi digunakan lagi oleh bandar yang sebagian sudah dalam proses," ungkap Rudy.

Selain narkotika, peredaran minuman keras juga masih banyak di Jawa Barat selama masa pandemi Covid-19. Tercatat, sebanyak 20.454 botol miras, 27 jerigen dan satu ember tuak, serta ciu sebanyak 394 liter disita dan dimusnahkan.

"Selain narkotika, peredaran miras juga masih tinggi di masyarakat, terutama miras oplosan yang sangat membahayakan jiwa," ungkap Rudy.

"Selama 2020 ada 6 kasus miras iplosan 13 meninggal dan 2 orang dirawat," pungkasnya. (Ridwan Abdul Malik)