Wakaf Salman Luncurkan Bantuan Wakaf Filter Air Siap Minum

Wakaf Salman Luncurkan Bantuan Wakaf Filter Air Siap Minum
istimewa

INILAH, Bandung - Wakaf Salman kembali menyalurkan bantuan untuk Masjid Lautze-2 berupa Wakaf Masjid sebesar 100 juta rupiah dan Wakaf Filter Air Siap Minum.

Penyerahan dana bantuan ini di serahkan langsung oleh M. Khirzan Nazar Noe’man selaku Direktur Wakaf Salman kepada Hernawan Mahfudz selaku Pembina Masjid Lautze 2 di Jalan Tamblong No. 29 Bandung.

"Alhamdulillah dengan dibebaskan dan direnovasinya ruko saat ini Masjid Lautze 2 dapat menampung sekitar 600-700 jamaah. Kondisi ini didukung dengan telah di bebaskannya ruko terakhir nomor 29 yang terletak di tengah wilayah Masjid Lautze 2. Sampai saat ini, total wakaf masjid untuk Masjid Lautze 2 yang telah diberikan Wakaf Salman mencapai 600 juta rupiah," papar Khirzan, Selasa (7/7/2020).

Dia mengatakan bantuan ini dilakukan secara bertahap sejak 2019. Tidak hanya membantu dalam mewujudkan ketersediaan tempat ibadah untuk para jamaah dan mualaf yang nyaman, dalam kesempatan kali ini juga Wakaf Salman memberikan bantuan berupa alat penjernih air minum.

Banyaknya aktivitas yang diadakan di Masjid Lautze-2, seperti pengajian, pembinaan mualaf rutin setiap minggu, ikrar syahadat, dan gathering mualaf. Tentunya ketersediaan air minum merupakan hal yang sangat dibutuhkan.

Inilah yang menjadi sebab Wakaf Salman ingin mewakafkan alat penjernih air siap minum tersebut. Alat ini mampu menyaring air keruh dan kotor, bahkan bisa menyaring virus, parasit bakteri, dan mikroplastik. Dengan menggunakan alat ini, masyarakat pun tidak perlu khawatir saat meminum air yang ada di lingkungan Masjid Lautze-2.

“Kapasitas alat ini, Lifestraw Community dapat menampung 13 galon (50 liter) air sekaligus. Pengujian yang ketat dilakukan sesuai protokol kesehatan. Pemurni air berkapasitas besar dan memiliki ketahanan yang cukup lama, setara dengan 26.000 galon yang cukup untuk 100 orang selama 3-5 tahun,“ ucapnya.

Pihaknya juga akan terus akan terus memberikan kontribusi kepada masyarakat secara luas tidak hanya untuk kebutuhan pangan namun juga ketersediaan air minum dibeberapa Masjid, terutama Masjid di kota Bandung.

"Landasan spirit dari program ini adalah kisah sumur wakaf khalifah Ustman dan riwayat dari Sa’ad bin Ubadah radhiallahu‘anhu, ketika bertanya kepada Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wasallam, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Memberi air (sedekah air). Air merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam kehidupan karena dapat dimanfaatkan secara luas.Itulah yang membuat kami semakin bersemangat menyebarkan kebaikan," ungkap Khirzan.

Program Wakaf Alat Filter Air siap minum ini merupakan alternatif penyediaan air minum untuk para jamaah dan masyarakat sekitar. Selain itu bantuan Wakaf Filter Air Siap Minum ini dirasa sangat membantu meminimalisir dana operasional kebutuhan masjid. Hal ini di ungkapkan oleh
Hernawan selaku pembina dari Masjid Lautze 2.

“Alhamdulillah dengan adanya bantuan dana Wakaf untuk pembebasan ruko no. 29, kami merasa optimis bisa melunasi tunggakan sekitar 40% dari dana 60% yang telah kami bayarkan dan kami juga merasa terbantu dengan adanya bantuan Wakaf Filter Air Siap Minum ini. Setidaknya dapat meminimalisir biaya operasional masjid, dan dananya dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain," imbuhnya.

Hernawan juga mengajak masyarakat untuk membantu Masjid Lautze 2 untuk bergotong royong membantu pelunasan Masjid Lautze 2 dan donasi Wakaf Filter Air Siap Minum agar kebermanfaatannya semakin luas.

Wakaf Salman juga siap memfasilitasi masyarakat untuk membantu rumah ibadah selama masa Adaptasi Kebiasaan Baru AKB ini dengan 2 cara, yaitu donasi via transfer dan donasi paling mudah melalui program #FollowForDonate.

"Cukup dengan follow akun @wakafsalman.itb, kalian sudah terhitung donasi sebesar Rp. 5.000,- untuk program ketersediaan protokoler keamanan covid-19 untuk rumah ibadah," tambahnya. (Okky Adiana).