Kota Bandung Siapkan 30.000 Kalung Sehat 

Kota Bandung Siapkan 30.000 Kalung Sehat 
Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar. (Istimewa)

INILAH, Bandung - Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar mengatakan ada 30.000 kalung sehat yang nantinya diberikan kepada hewan kurban telah lulus pengecekan di Idul Adha tahun ini. 

"Tahun ini kita siapkan sebanyak 30.000 kalung sehat, 10 persen lebih banyak dari tahun kemarin. Jika hewan kurban memenuhi kriteria layak dan sehat akan diberikan kalung," kata Gin Gin di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung pada Selasa (7/7/2020). 

Menurut dia, tak ubahnya seperti tahun-tahun sebelumnya. Kriteria layak dan sehat adalah hewan tidak sakit mata, luka, skabies, cacar, dan jumlah lubang terdiri dari hidung telinga dan anus dalam keadaan normal. 

"Lalu berkaitan juga dengan umur hewan kurban yang sudah bisa dikurbankan sesuai dengan syariat Islam. Untuk domba minimal satu tahun, dan untuk sapi minimal dua tahun. Jadi jangan terkecoh karena fisiknya besar, tapi usianya tidak masuk," ucapnya. 

Di luar itu, Gin Gin memastikan virus corona tidak menyerang binatang dalam hal ini hewan kurban. Meski demikian, dia meminta agar warga masyarakat tetap waspada terhadap penyakit binatang lainnya. 

"Covid tidak menyerang binatang, kita pastikan Kota Bandung terbebas Covid. Hanya saja suasana pandemi yang mengharuskan jaga jarak protokol kesehatan itu diterapkan. Misalnya penjual dan pembeli harus menggunakan masker, sarung tangan dana ada tempat cuci tangan," ujar dia. (Yogo Triastopo)