Kota Bandung Mulai Proses Pembangunan Rumah Deret Tamansari

Kota Bandung Mulai Proses Pembangunan Rumah Deret Tamansari
Kepala Bidang pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3), Nunun Yanuati. (Yogo Triastopo)

INILAH, Bandung - Sebanyak 187 Kepala Keluarga di RW 11 Tamansari terus mendesak agar rumah deret segera terealisasi. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pun bergerak memulai kembali proses pembangunan.

Kepala Bidang pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3), Nunun Yanuati mengatakan untuk tahap pertama akan dilakukan pembangunan masjid terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan fondasi bangunan hunian.

“Ada yang sudah pro ikut program kita dan mereka akan tinggal di sana dan meminta Pemerintah Kota segera membangun. Itu akan kita bangun masjid dulu sama fondasi,” kata Nunun di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Selasa (7/7/2020).

Menurut dia, tim teknis di lapangan baru saja mengukur lahan. Kemudian segera dilakukan tes sondir, atau pengujian ulang daya dukung tanah di sekitar lokasi tersebut. Langkah ini sebagai bagian dari proses perencanaan awal.

Dia mengungkapkan, tes sondir sebagai bagian untuk melengkapi keperluan administrasi pembuatan izin mendirikan bangunan (IMB). Setelah pihaknya mengantongi izin lingkungan untuk pembangunan rumah deret Tamansari.

“Perizinan tinggal IMB. Sebenernya proses arsitektur sudah beres tinggal struktur. Proses struktur ini tinggal menunggu hasil tes sondir di lapangan,” ucapnya.

Sambung dia, proses akan berlanjut pada pematangan lahan. Persiapan lahan ini bisa ditempuh sambil menunggu IMB keluar.

“Kalau target mudah-mudahan pembangunan bisa dilaksanakan sampai akhir 2020 ini, dan mudah-mudahan di tahun 2021 nanti sudah mulai bisa dihuni setelah terbit SLF (Sertifikat Laik Fungsi),” ujar dia.

Nunung mengungkapkan proses pengurusan IMB kini sudah masuk tim ahli bangunan gedung (TABG) di Dinas Tata Ruang (Distaru). Kemudian dilanjutkan ke Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). 

“Izin lingkungan amdalnya sudah keluar. IMB mudah-mudahan minggu ini beres sondir, sehingga dua mingguan lagi bisa keluar,” tandasnya. (Yogo Triastopo)