Bantuan Uang Rehab Rumah Rusak di Pamijahan Belum Cair

Bantuan Uang Rehab Rumah Rusak di Pamijahan Belum Cair
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Pamijahan - Rumah Tibi di Kampung Budaya Cisalada RT 01 RW 07 Desa Purabakti, Pamijahan beserta ratusan unit rumah lainnya yang rusak karena bencana gempa bumi pada Selasa (10/3/2020) lalu belum juga mendapatkan bantuan uang untuk rehabilitasi dari Pemkab Bogor.

Akibatnya, banyak rumah penduduk yang masih seperti awal terjadinya bencana gempa bumi seperti atap yang rubuh, dinding yang ambruk hingga angin dan hujan begitu bebasnya memasuki rumah.

"Saat ini puluhan rumah di RW 07 dan RW 06 Kampung Budaya Cisalada yang masih dalam kondisi rusak sedang hingga berat karena mereka belum memiliki biaya untuk menperbaiki rumahnya, sedangkan bantuan uang rehabilitasi belum cair dari Pemkab Bogor," ucap Kepala Dusun Kampung Budaya Cisalada Aja kepada wartawan, Selasa (7/7/2020).

Ayah 3 orang anak ini menerangkan para korban bencana gempa bumi yang sempat mengungsi ke tenda-tenda ini terpaksa tinggal di rumahnya, walaupun kondisinya rusak sedang hingga berat

"Kalau tinggal di tenda itu kan hanya untuk sementara karena waktu itu kami khawatir kalau ada bencana gempa bumi susulan, setelah yakin tidak ada lagi gempa maka warga kembali ke rumahnya walaupun  hanya menggunakan satu kamar tersisa dengan kondisi dinding atau atap yang masih terbuka. Kalaupun memang benar-benar tidak layak untuk dihuni maka terpaksa menumpang di rumah tetangga," terangnya.

Aja berharap Pemkab Bogor segera mencairkan bantuan uang rehabilitasi rumah yang rusak, karena warga Desa Purabakti dan desa lainnya di Kecamatan Pamijahan benar-benar butuh bantuan.

"Kami harapkan bantuan uang rehabilitasi rumah yang rusak segera dicairkan karena kami dengar sudah dianggarkan oleh Pemkab Bogor pada awal April lalu," harap Aja.

Dihubungi terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Yani Hassan membenarkan Pemkab Bogor belum mencairkan bantuan uang rehabilitasi rumah warga Pamijahan yang rusak akibat bencana alam gempa bumi.

"Bantuan uang rehabilitasi ratusan unit rumah warga Pamijahan yang rusak akibat bencana alam gempa bumi memang belum cair, karena ajuan kami ke Bupati Bogor Ade Yasin belum disetujui. Mudah-mudahan proses pengajuan bisa cepat selesai," tutur Yani.

Informasi sebelumnya, Pemkab Bogor pada agenda recofusing atau pergeseran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pada April lalu sudah menganggarkan Rp99 miliar untuk penangganan bencana alam di Kecamatan Sukajaya, Cigudeg, Nanggung, Jasinga dan Pamijahan. (Reza Zurifwan)