Ford Bronco Ingin Enyahkan Jeep Sebagai Penguasa 'Off-Road'

Ford Bronco Ingin Enyahkan Jeep Sebagai Penguasa 'Off-Road'
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Jakarta- Mobil legendaris Ford Bronco digadang-gadang bisa menjadi pesaing terkuat untuk menandingi Jeep di pasar mobil berkemampuan "off-road" Amerika Serikat.

Reuters mewartakan pada Senin (6/7), Ford meluncurkan Bronco untuk menggairahkan pasar otomotif yang lesu karena pandemi COVID-19. Namun sejalan dengan itu, Ford juga berpeluang menciptakan persaingan yang sengit dengan Jeep, anak perusahaan Fiat Chrysler Automobiles.

Ford Bronco yang diluncurkan bulan kemungkinan akan tersedia dalam dua model, dua pintu dan empat pintu. Ada juga model edisi terbatas Bronco Sport yang mungkin akan berdesain lebih ramping.

Jeep mendominasi segmen off-road dalam satu dekade terakhir, dan Ford ingin merebutnya dari Jeep dengan cara melibatkan kalangan pehobi alam bebas (outdoor) dalam kegiatan promosi mereka. Ford juga menggandeng Disney dan pembuat film.

Chief Operating Officer Ford, Jim Farley dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa Ford Bronco menyasar segmen konsumen yang lebih luas dari Jeep.

"Kami melihat kendaraan kami berbeda dari (Jeep) Wrangler, model Jeep disukai oleh penggemar off-road yang ekstrim," kata Farley.

"Kami memandang (Bronco) sebagai kendaraan yang bisa Anda pakai setiap hari," kata dia.

Tahun lalu, Ford mengatakan bahwa pabrik perakitan Wayne di Michigan telah diperbarui untuk memproduksi Ranger dan Bronco. Ford melawan tren global yang umumnya menaikkan kapasitas pabrik untuk memproduksi mobil listrik.

Tidak ada bocoran mengenai tampilan Bronco secara utuh, namun model itu kemungkinan akan memakai konsep generasi pertama yang dibuat pada 1966, yakni mobil berdesain kotak yang terlihat gagah.

Meski dianggap mobil legendaris, Ford menghentikan penjualan Bronco pada 1996 karena menurunnya permintaan.

FCA sebagai induk perusahaan Jeep menolak berkomentar terkait peluncuran Bronco.