IKM FK Unpas Gelar Bakti Sosial

IKM FK Unpas Gelar Bakti Sosial
Foto: Okky Adiana

INILAH, Bandung - Sharing is Caring adalah tema yang diangkat sejumlah mahasiswa Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan (FK Unpas). Kegiatan ini merupakan acara bakti sosial yang diikuti 20 mahasiswa FK Unpas.

"Ini sebagai bentuk empati kepada masyarakat dengan cara mengedukasi atau menyosialisasikan mengenai protokol kesehatan di era new normal," ujar Wakil Dekan III FK Unpas Trias Nugrahadi, Rabu (8/7/2020).

Menurut dia, bakti sosial ini adalah sebagai wujud empati dengan mengedukasi kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan dan pemberian sembako, memang tidak besar namun ini adalah upaya membangkitkan kepedulian, pihaknya juga tengah menyiapkan flyer adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi.

"Kami memberikan ke pedagang kaki lima, pemilik kios-kios kecil, pemulung dan pengemis lewat brosur yang berisi keterangan bagaimana mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun, menggunakan masker ketika ke luar rumah, menghindari kerumunan dan menjaga jarak minimum satu meter dan tidak berjabat tangan. Untuk kemudian  dibagikan masker, 65 nasi boks dan 60 paket sembako yang berisi kebutuhan pokok," paparnya.

Ketua Pelaksana Baksos M Akbar Guntara menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kemanusiaan di saat pandemi dengan membantu sesama.

Di tengah pandemi Covid-19 ini faktor ekonomi menjadi salah satu sektor yang mengalami guncangan berat, sehingga pihaknya berusaha memberikan bantuan nasi boks dan sembako kepada masyarakat kecil.

"Selain itu juga memberikan sosialisasi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Kami berharap dengan ini semoga masyarakat akan terus mengingat dan mengimplementasikan protokol kesehatan,” ujar mahasiswa FK Unpas semester II ini. (Okky Adiana)