Restorasi Pesisir Pantai Mayangan, MUJ ONWJ Gandeng Wanadri

Restorasi Pesisir Pantai Mayangan, MUJ ONWJ Gandeng Wanadri
Istimewa

INILAH, Bandung- PT Migas Hulu Jabar Offshore North West Java (MUJ ONWJ) mengajak masyarakat merestorasi kawasan pesisir pantai Desa Mayangan, Kecamatan Legon Kulon, Kabupaten Subang yang rusak akibat abrasi. Kegiatan ini dilakukan dengan menggandeng Yayasan Wanadri.

Direktur Operasional PT MUJ ONWJ, Ardra Teja Bhaswara mengatakan, beberapa upaya dilakukan pihaknya untuk merestorasi kawasan yang rusak tersebut. Salah satu nya dengan menanam 1.000 pohon mangrove denan kegiatan bertajuk "Penanaman Mangrove Bersama-Donasi 1.000 Pohon".

Tujuannya, yaitu untuk mengurangi risiko bencana akibat abrasi serta memperbaiki fungsi ekosistem dan upaya pelestarian hutan mangrove. 

"Melalui kegiatan ini, kita juga mendorong semangat gotong royong masyarakat sekitar untuk ikut terlibat dalam upaya penyelamatan lingkungan," ujar Ardra Teja, Rabu (8/7/2020).

MUJ ONWJ, memastikan akan berkomitmen turut serta dalam pelestarian lingkungan, khususnya di kawasan pesisir Wilayah Kerja (WK) ONWJ, mulai dari Kepulauan Seribu hingga pesisir Indramayu. Dengan begitu, maka masyarakat Jawa Barat dan DKI Jakarta dapat merasakan manfaat pengelolaan participating interest (PI) 10% WK ONWJ.

Ardra menerangkan, MUJ ONWJ merupakan perusahaan yang dibentuk bersama oleh Pemprov Jabar, Pemprov DKI Jakarta, dan beberapa Kabupaten di Jabar melalui BUMD untuk mengelola PI 10% dari WK ONWJ bersama dengan Pertamina Hulu Energi (PHE) ONWJ sebagai cucu usaha PT Pertamina (Persero).

Ruang lingkup kerja bersama ini, yakni adanya pembagian besaran PI 10% pada WK ONWJ dimana Pemprov Jabar memiliki porsi 79,71% dan Pemprov DKI Jakarta 20,29% dari total 10% PI tersebut. 

"Pemerintah kabupaten yang turut dalam sharing MUJ ONWJ adalah Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Indramayu," pungkasnya. 

Kegiatan penanaman mangrove turut dihadiri oleh perwakilan PT MUJ ONWJ yang didampingi perwakilan PT Migas Hulu Jabar dan PT Subang Sejahtera selaku pemegang saham, perwakilan Perum Perhutani Kabupaten Subang, dan perwakilan kepala Desa Mayangan. (riantonurdiansyah)