Tempat Sampah Depan Istana Bogor Disulap Jadi Jalur Hijau

Tempat Sampah Depan Istana Bogor Disulap Jadi Jalur Hijau
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Tempat penampungan sementara (TPS) sampah di seberang pintu Istana Bogor kini disulap menjadi jalur hijau. Bangunan TPS sampah yang semula menjadi tempat pembuangan sampah warga Kelurahan Pabaton itu tampak lebih resik.

Sebelum dilakukan pembongkaran, beberapa bulan lalu Bidang Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor melakukan simulasi layanan transit container dan layanan jemput sampah.

"Dari yang tadinya membuang ke TPS sampah diubah menjadi layanan transit container serta layanan jemput sampah. Alhamdulillah selama empat bulan uji coba alih layanan sampai dengan pelaksanaan pembongkaran kemarin, layanan dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan," kata Kepala Bidang Persampahan DLH Kota Bogor Dimas Tiko PS, Rabu (8/7/2020).

Dimas melanjutkan, pihaknya terus melakukan evaluasi untuk tetap memberikan pelayanan kepada warga, agar sampah tidak menumpuk.

"Selama masa uji coba kemarin, banyak evaluasi yang kami lakukan. Tujuannya agar pelayanan dapat berjalan dengan baik, sampah bisa tersangkut maksimal meski tidak ada TPS," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan persiapan penataan jalur hijau sekitar TPS sudah dilakukan sudah sekitar satu tahun lalu. Namun proses administratifnya baru selesai pada 2020 ini.

"DLH sudah mempersiapkan ini dari jauh-jauh hari, karena kan proses membongkar TPS butuh proses penghapusan aset. Dimana proses penghapusan aset ini membutuhkan waktu sekitar delapan bulan. Inilah yang membuat penataan ini terbilang lama dan memakan waktu cukup panjang," sebutnya. (Rizki Mauludi)