PPDB 2020 di Kota Bandung Berjalan Relatif Baik

PPDB 2020 di Kota Bandung Berjalan Relatif Baik
net

INILAH, Bandung - Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung Aries Supriyatna menilai, pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2020 di Kota Bandung berjalan lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

"PPDB sekarang tahun 2020 diadakan di tengah kondisi pandemi Covid-19. Tapi, secara umum saya melihat PPDB 2020 ini berjalan baik," ujar Aries, Kamis (9/7/2020).

Meski demikian, dia ta menampik jika para proses PPDB tahun ini banyak keluhan dari masyarakat. Seperti ada calon peserta didik yang masuk jalur afirmasi, tapi karena kurangnya informasi yang diterima yang bersangkutan malah didaftarkan melalui jalur zonasi. Dikarenakan masuk zonasi, berisiko tidak terakomodir sehingga yang bersangkutan menjadi kesulitan dan harus memilih sekolah swasta.

"Padahal, yang bersangkutan ini merupakan masyarakat tidak mampu,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pihaknya tetap mendorong Dinas Pendidikan untuk menuntaskan persoalan yang terjadi di lapangan tersebut. Dirinya meyakini, lembaga pemerintah itu memiliki solusi guna menyelesaikan permasalahan yang terjadi selama PPDB.

“Tidak ada sistem yang sempurna, apalagi ini dilakukan dalam kondisi yang ekstrim. Hanya saja, ke depannya masih ada hal yang harus disempurnakan,” ucapnya.

Aries menekankan, ketersediaan infrastruktur pendidikan masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kota Bandung, lantaran dari catatan pihaknya masih ada ‘blank spot’ atau yang rumahnya tidak masuk dalam zonasi PPDB, terutama sekolah menengah pertama (SMP).

"Sistem seperti apapun harus tetap didukung dengan infrastruktur yang mumpuni. Sebetulnya yang paling mendasar adalah ketersediaan infrastruktur. Jadi kalau infrastruktur di Kota Bandung memadai, persoalan yang kerap ada di PPDB bisa berkurang atau malah tidak ada sama sekali,” pungkasnya. (Okky Adiana)