Sidang Perdana Habib Bahar Baru Sebatas Pemeriksaan Berkas Gugatan

Sidang Perdana Habib Bahar Baru Sebatas Pemeriksaan Berkas Gugatan
Foto: Ahmad Sayuti

INILAH, Bandung - Sidang perdana gugatan Bahar bin Smith alias Habib Bahar terhadap Balai Permasyarakatan (Bapas) Bogor digelar secara tertutup. Sidang pun ditunda, lantaran ada beberapa berkas gugatan yang harus diperbaiki.

"Hari ini masih tahap pemeriksaan berkas. Ada beberapa hal yang dikoreksi baik surat kuasa, gugatan dan dari pihak penggugat maupun pihak tergugat terkait kelengkapan syarat beracara di PTUN Bandung," kata kuasa hukum Habib Bahar, Ichwan Tuankotta di PTUN Bandung, Jalan Diponegoro, Kamis (9/7/2020).

Sebelum persidangan masuk pokok perkara, majelis memberikan waktu selaam 20 hari untuk membereskan atau merevisi berkas gugatan. Sidang akan dilanjutkan 20 Juli 2020.

Sementara, soal materi gugatan yang dilayangkannya di PTUN yakni terkait surat keputusan pembatalan asimilasi yang membuat kliennya kembali ditahan setelah dinyatakan bebas, dan alasannya tidak masuk akal.

"Jelas banyak penyimpangan. Dalam SK-nya habib melanggar PSBB dan tidak patuh terhadap asimilasi yang diberikan. Kedua habib dinyatakan memprovokasi massa berbuat hal lain.  Padahal kalau dilihat dari proses itu, habib tidak pernah memprovokasi, tidak mengundang massa datang, massa datang sendiri kemudian apa yang diuraikan habib (ceramah) hal yang wajar, kritik pada pemerintah tentang PSBB, tentang rakyat yang kemudian COVID menjalani kesulitan sembako, beliau kritik tidak menyebut pejabat, beliau secara umum semua merasa dikritik," ujarnya.

Sementara itu, Bapas Bogor yang diwakili Pembimbing Kemasyarakatan Madya Bapas Bandung Budiana mengaku sidang perdana hari ini baru sebatas pemeriksaan berkas gugatan dan belum masuk materi pokok perkara.

"Intinya kita sudah siap. Tadi baru persiapan, jadi baru perbaikan gugatan surat kuasa, belum pokok materi. Nanti kita lihat sidang berikutnya," ujarnya. (Ahmad Sayuti)