PKL Kembali 'Duduki' Kota Bandung

PKL Kembali 'Duduki' Kota Bandung
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Akhir-akhir ini, Kota Bandung kembali diramaikan sejumlah pedagang kaki lima (PKL). Di fase adaptasi kebiasaan baru (AKB), PKL justru beramai-ramai menjajakan dagangannya di sejumlah ruas jalan.

Hal itu dikatakan langsung Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung, Taspen Efendi di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung.

"Selama Covid-19, hampir 95 persen menghilang dari total 24.000 PKL yang ada di Kota Bandung. Dan sekarang, PKL-PKL ini mulai kembali ramai," kata Taspen pada Kamis (9/7/2020).

Menurut dia, kehadiran PKL saat ini telah menyentuh angka 50 persen. Mereka sudah kembali berdagang di sejumlah ruas jalan seperti Jalan Dalem Kaum, Jalan Jakarta dan Jalan Otto Iskandar Dinata.

"Yang tadinya tidak ada yang berjualan pun, saat ini di Jalan Jakarta mulai berjualan. Juga saya khawatirkan di daerah Kiara Artha Park akan kembali  marak parkir liar. Ini harus kita antisipasi," ucapnya.

Kehadiran para PKL di Kota Bandung, disebut Taspen tak lain lantaran kebutuhan ekonomi. Untuk itu, dia meminta aparat kewilayahan tetap melakukan pengawasan dan sosialiasi terhadap para PKL. (Yogo Triastopo)