Tim Saber Pungli Provinsi Jabar Datangi Pemkab Bogor, Ada Apa?

Tim Saber Pungli Provinsi Jabar Datangi Pemkab Bogor, Ada Apa?
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Provinsi Jawa Barat berharap Pemkab Bogor lebih mendukung lagi kinerja Tim Saber Pungli Kabupaten Bogor.

"Hari ini kami berkunjung ke Pemkab Bogor dan Tim Saber Pungli Kabupaten Bogor, tujuannya agar Pemkab Bogor lebih mendukung lagi kinerja Tim Saber Pungli Kabupaten Bogor berupa pengadaan fasilitas," kata Sekretaris 1 Tim Saber Pungli Provinsi Jasa Barar AKBP Budi Satria Wiguna kepada wartawan di Kantor Bupati Bogor, Cibinong, Kamis, (9/7/2020).

Dia menerangkan, alasan jajarannya menggenjot kinerja Tim Saber Pungli Kabupaten Bogor maupun daerah lainnnya karena masukan informasi dan lainnya terjadinya pungli itu dari UPT Tim Saber Pungli di kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat.

"Selain menggenjot kinerja UPT Tim Saber Pungli, kami juga akan menyosialisasikan program-program pencegahan terjadinya kejahatan pungli di kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (STPD) maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," terangnya.

Budi menjelaskan bahwa kedatangan timnya ke Kabupaten Bogor bukan dalam rangka kelanjutan dari peristiwa Operasi Tangkap Tangan (OTT) Sat Reskrim Polres Bogor di Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) yang berhasil meringkus tersangka I selaku Sekretaris DPKPP dan F sebagai stafnya karena diduga menerima suap izin Pengesahan Dokumentasi Rencana Teknis (PDRT) bangunan vila di Kecamatan Cisarua dan rumah sakit di Kecamatan Cibungbulang.

"Kedatangan kami bukan untuk melanjuti kasus dugaan suap atau tindak pidana korupsi (Tipikor) yang terjadi sebelumnya, karena kami sendiri baru mendengar atau belum mendapatkan laporan akan peristiwa OTT itu," jelas Budi.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Saber Pungli Kabupaten Bogor Azhahir sekaligus Kepala Inspektorat menambahkan jajarannya siap mendukung upaya menghapus atau memberantas praktek pungli di Bumi Tegar Beriman.

"Inspektorat siap melakukan sosialisasi, pemeriksaan hingga penindakan pemberantasan praktek pungli, tentunya dengan kordinasi bersama Ketua Tim Saber Pungli Kabupaten Bogor yaitu Wakil Kepala Polres Bogor," tambah Azhahir. (Reza Zurifwan)