Pemkab Sukabumi Ingin Ubah Data Penerima BST, Mensos Beri Lampu Hijau

Pemkab Sukabumi Ingin Ubah Data Penerima BST, Mensos Beri Lampu Hijau
Menteri Sosial Juliari Batubara. (Reza Zurifwan)

INILAH, Sukabumi - Menteri Sosial Juliari Peter Batubara mempersilahkan Pemkab Sukabumi mengubah atau memperbaiki data keluarga penerima manfaat Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap berikutnya. 

"Tentunya nanti kita akan cek lagi ke kabupaten apakah data yang kemarin sudah oke, kalau sudah oke lanjut. Kalau misalnya ada yang perlu diganti atau dihilangkan silahkan, koordinasi dengan daerah penting, karena yang di lapangan ini kan yang kita lihat ini PT Pos dan daerah untum membantu penyaluran BST," kata Juliari kepada wartawan, Jumat (10/7).

Pria berusia 47 tahun ini menambahkan agar data keluarga penerima manfaat BST tepat sasaran maka pemerintah daerah (Pemda) perlu memperhatikan akurasi data di daerahnya masing-masing. 

Data keluarga penerima manfaat BST ini menurut politisi PDI Perjuangan ini harus dimutahirkan oleh pemda setemp11ppat untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam program Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

"Ke depannya pembaruan data keluarga penerima manfaat BST ini dimasukan ke dalam program DTKS, sebab kalau tidak masuk itu akan sulit untuk mendapat bantuan sosial," tambahnya.

Ari sapaan akrabnya menyebutkan dengan adanya pembaruan data oleh pemda, target keluarga penerima manfaat BST sebanyak 9 juta bisa tercapai dan tentu dengan lebih tepat sasaran termasuk di kabupaten Sukabumi.

"Adanya pembaruan data oleh Pemda tersebut bisa menjadikan target 9 juta keluarga penerima manfaat  BST tersebut dapat membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan untuk mengentaskan kemiskinan," tutur Ari.

Data penerima BST di Jawa Barat sebanyak 1.150.254 keluarga penerima manfaat (KPM). Sedangkan untuk kota dan kabupaten Sukabumi masing-masing 5.099 dan 95.371 KPM.

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan bahwa pada pencairan hari ini sejumlah 410 keluarga penerima manfaat di Desa Benda dan 531 KPM untuk di Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Sementara total untuk Kabupaten Sukabumi, Kemensos mengalokasikan program sembako sebanyak Rp 486.125.700.000 untuk 211.359 keluarga penerima manfaat.

"Hari ini dalam kunjungan ke Kabupaten Sukabumi, saya melihat penyaluran BST tahap ke tiga, terakhir ya di Desa Benda ada 400 sekian kepala keluarga hari ini selesai, lalu persiapan tahap berikutnya dengan nilai Rp 300 ribu perbulan hingga Bulan tDesember," jelasnya. (Reza Zurifwan)