Madrid vs Alaves, Awas Pressure Tinggi!

Madrid vs Alaves, Awas Pressure Tinggi!
Ilustrasi/Net

BARCELONA telah memberi tekanan tinggi untuk Real Madrid yang akan bertarung melawan Deportivo Alaves, Sabtu (11/7) dini hari WIB.

Persaingan di jalur juara La Liga musim ini masih tetap panas. Barcelona mampu menjaga kans setelah memenangi pertempuran sulit melawan Espanyol, Kamis (9/7) dini hari WIB. Mereka memangkas selisih ketertinggalan di papan klasemen menjadi satu poin saja.

Tapi jelas, secara matematis Madrid tetap di atas angin. Kemenangan melawan Alaves akan membuat skuat besutan Zinedine Zidane kembali unggul empat poin. Kompetisi La Liga sendiri sudah memasuki 'tikungan' akhir dengan menyisakan delapan laga.

Madrid sebenarnya hanya butuh delapan poin demi memastikan gelar juara liga ke-34 sepanjang sejarah.

Itu artinya Madrid masih boleh kehilangan maksimal empat poin, yakni dua menang dan dua imbang atau tiga kali menang dibarengi satu kali kalah. Itu dengan asumsi Barcelona juga menyapu bersih seluruh pertandingan tersisa.

"Sampai secara matematis kami dipastikan juara, kami tidak boleh bersantai, apalagi memikirkan bahwa juara La Liga sudah digenggam," kata Zidane mewanti-wanti skuatnya agar tetap fokus.

Zidane memang ingin para pemainnya mampu menjaga konsentrasi. Dia juga meminta Karim Benzema dan kawan-kawan tak terpengaruh segala macam pemberitaan yang menyudutkan mereka.

Sejak La Liga dilanjutkan kembali, Madrid diklaim sering diuntungkan wasit. Zidane pun muak dengan anggapan tersebut.

"Saya capek mendengar isu bahwa Real Madrid menang karena dibantu wasit. Pendapat saya tak akan berubah, pemain di lapangan layak diapresiasi," kata Zidane.

Madrid mendapatkan penalti pada dua laga beruntun menghadapi Getafe dan Athletic Bilbao. Los Merengues menang dengan skor identik 1-0 di dua laga tersebut.

Belakang Bahaya

Meski di atas kertas begitu diunggulkan, Madrid harus tetap mewaspadai potensi kejutan Alaves. Apalagi, Zidane sedang dipusingkan dengan absennya dua pilar penting di lini belakang.

Madird harus kehilangan dua pemain andalannya, Dani Carvajal dan Sergio Ramos. Mereka terkena sanksi larangan bermain.

Sanksi itu didapat setelah Carvajal dan Ramos menerima kartu kuning dalam laga sebelumnya melawan Athletic Bilbao yang berakhir dengan kemenangan 1-0 bagi Real Madrid.

Dengan kartu kuning tersebut, kini Carvajal dan Ramos telah mengoleksi lima kartu kuning di Liga Spanyol yang berarti hukuman larangan bermain satu kali pun otomatis diberikan. (bsf)