Corolla Cross SUV si Pencuri Perhatian, Nih Harga dan Spesifikasinya

Corolla Cross SUV si Pencuri Perhatian, Nih Harga dan Spesifikasinya
Ilustrasi/Net

INILAH, Jakarta- Toyota Motor Corporation mencuri perhatian dunia otomotif dengan mengenalkan Corolla versi sport utility vehicle (SUV) di Thailand, kemarin.

Dilansir laman resmi perusahaan, Corolla Cross tersedia dalam empat varian dengan opsi tujuh warna, antara lain hitam, putih, merah, biru, abu-abu metalik, graphite metalik dan metal metalik.

Varian 1.8 sport (AT) bermesin bensin menjadi tipe termurah 989.000 bath (Rp455,2 juta). Sedangkan tiga tipe lainnya merupakan varian hybrid antara lain Hybrid Smart 1.019.000 bath (Rp469 juta), Hybrid Premium 1.089.000 bath (Rp501,2 juta) dan Hybrid Premium Safety 1.199.000 bath (Rp552,8 juta).

Corolla Cross akan bersaing dengan Mitsubishi Outlander, Honda HR-V versi mesin 1.800cc, Mazda CX-30, Subaru XV, dan Nissan Kicks.

Presiden Toyota Motor Thailand, Michinobu Sugata mengatakan bahwa Corolla Cross akan mulai dikirimkan dari pabrik Toyota Chachoengsao di Thailand pada 13 Juli 2020.

"Yang terpenting, mobil itu dibuat oleh Thailand dan diekspor ke pasar lain oleh Thailand," kata dia dalam laman resmi perusahaaan.

Michinobu menjelaskan bahwa segmen yang dimasuki Corolla Cross merupakan yang pertama bagi Toyota. Namun, mereka optimistis produk baru itu akan diterima pasar dengan baik karena Corolla memiliki sejarah panjang dan berkualitas baik.
 
Lima poin utama

Toyota Corolla Cross mengusung lima poin utama sebagai daya tarik, pertama adalah desain eksterior mengombinasikan kesan mewah dan sporty, terlihat dari fitur power moonroof, rak atap, lampu LED depan-belakang velg 18 inci.

Poin kedua adalah mesin. Mobil itu memakai mesin 1.800cc dengan sistem hybrid generasi empat. Mereka mengklaim konsumsi bensin Corolla Cross Hybrid rata-rata 23,3 kilometer per liter, sedangkan mesin bensin 15,4 kilometer per liter.

Poin ketiga adalah kenyamanan. Corolla Cross menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architectue) dengan suspensi torsion-beam baru untuk menghadirkan kondisi berkendara yang lebih nyaman dengan ruang kabin yang luas, serta ruang bagasi berkapasitas 487 liter.

Di dalam kabin terdapat fitur Power Back Door with Activated Kick Sensor, Power Adjustable Driver Seat, Dual-Zone Automatic Climate Control, kursi belakang dengan armrest, air vents dan colokan USB.

Poin keempat adalah fitur keamanan yang meliputi Toyota Safety Sense, Pre-Collision System, Lane Departure Alert with Steering Assist, Dynamic Radar Cruise Control with Lane Tracing Assist, Automatic High Beam, Panoramic View Monitor, Blind Spot Monitor, Rear CROSS Traffic Alert, dan 7 SRS Airbags.

Poin terakhir adalah konektivitas, yakni fitur layar sentuh 9 inci yang terhubung Apple CarPlay dan T-Connect. Melalui fitur itu, pengguna tak hanya terhubung dengan mobil, melainkan dapat mengetahui kondisi dan kebutuhan perawatan mobil.

Toyota Corolla Cross yang dibuat di Thailand kemungkinan bisa masuk Indonesia. Beberapa model Toyota yang didatangkan dari Thailand antara lain All New Corolla Altis, All New Camry, C-HR, HiAce, dan Hilux.