Siap-siap Warga Bandung, Penutupan Ruas Jalan Akan Ditambah

Siap-siap Warga Bandung, Penutupan Ruas Jalan Akan Ditambah
Ilustrasi/Syamsuddin Nasoetion

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menambah penutupan ruas jalan di sejumlah tempat waktu malam hari. Hal itu dilakukan untuk menekan pergerakan masyarakat.

"Ini adalah salah satu upaya kita untuk memberikan pesan kepada masyarakat bahwa kita belum ada di suasana normal," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung pada Jumat (10/7/2020).

Menurut dia, penutupan ruas jalan tersebut mulai berlaku pada pukul 22.00 WIB sampai 06.00 WIB. Hal ini untuk memberikan kelonggaran kepada sejumlah sektor yang diberikan relaksasi.

"Istilahnya kita memberikan waktu untuk mereka beres-beres, karena mereka baru tutup di pukul 21.00 WIB. Namun yang harus diketahui adalah bahwa penutupan ruas jalan ini bukan untuk menghambat aktivitas masyarakat," ucapnya.

Akan tetapi dituturkan Yana, pihaknya belum dapat menyebut titik dan waktu pelaksanaan penutupan ruas jalan tersebut. Sebab kata dia, hal itu masih dalam pembahasan bersama dinas terkait.

"Bisa saja penutupan dilaksanakan di daerah Pasteur atau di perbatasan kabupaten/kota. Harus digaris bawahi, ini bukan cek poin. Tetapi penutupan jalan untuk menekan mobilitas pergerakan orang agar terhindar dari gelombang dua Covid-19," ujar dia.

Upaya lainnya adalah pemerintah kota terus melakukan pengawasan kepada sejumlah sektor yang telah diberikan relaksasi dengan menempatkan aparatur sipil negara (ASN) untuk mengawasi pergerakan secara ketat.

"Teman-teman yang tadinya work from home (WFH), akan kita tempatkan di sektor yang sudah diberikan relaksasi seperti pusat perbelanjaan, wisata dan tempat peribadatan. Mereka akan mengawasi dan memberikan laporan," tandasnya. (Yogo Triastopo)