SMA Pasundan 1 Bandung Terima 420 Siswa Baru

SMA Pasundan 1 Bandung Terima 420 Siswa Baru
Foto: Okky Adiana

INILAH, Bandung - Tak sedikit sekolah swasta di Jawa Barat (Jabar) khawatir akan kekurangan siswa pada pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2020/2021. Apalagi, dikarenakan pandemi Covid-19 situasinya kini masih belum kondusif.

Hal itu pun dipengaruhi proses PPDB sekolah negeri. Di mana para orang tua siswa masih menaruh harapan anaknya bisa diterima di sekolah negeri. Padahal, kuota sekolah negeri setiap tahun hanya bisa menampung sekitar 45 persen lulusan yang ada. Sisanya, melanjutkan ke sekolah swasta.

Wakil Kepala SMA Pasundan 1 Kota Bandung Kamal Jamal mengungkapkan sesudah pengumuman SMA dan SMK negeri di Jabar dibuka Disdik Jabar, para pendaftar yang tidak diterima di sekolah negeri berdatangan daftar ke sekolah swasta, salah satunya ke SMA Pasundan 1 Bandung.

“Sejak kemarin sekitar pukul 14.00 sampai dengan menjelang magrib, para orang tua siswa berdatangan mendaftar sampai dengan saat ini,” kata Kamal, Jumat (10/7/2020).

Menurut Kamal, sebelum-sebelumnya tidak seramai hari ini, hal itu disebabkan kondisi Covid-19. Ada sekitar 250 orang pendaftar, mereka umumnya datang langsung ke SMA Pasundan 1 Kota Bandung.

“Insya Allah, saat pelaksanaan pendaftaran di kami, menerapkan protokol kesehatan. Mengikuti anjuran dari pemerintah,” imbuh Kamal.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa tahun ini pihaknya akan menerima sekitar 420 siswa baru, untuk 12 rombongan belajar (rombel) jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) dan ilmu pengetahuan sosial (IPS). (Okky Adiana)