Ridwan Kamil: Tiga Pesan Penting untuk Kepala Sekolah Baru

Ridwan Kamil: Tiga Pesan Penting untuk Kepala Sekolah Baru
Foto: Okky Adiana

INILAH, Bandung - Proses rotasi, mutasi dan pengangkatan kepala sekolah baru digelar secara virtual. Pelantikan ini di gelar di Gedung Pakuan, Kota Bandung dan di masing-masing wilayah cabang dinas Jawa Barat, Jumat (10/7/2020).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, ada tiga poin penting bahwa menjadi aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan saat ini. Pertama, integritas adalah kunci dari keberlangsungan karir. Rotasi, integritas, kejujuran adalah nomor satu, nitakan semua.

Kedua, harus melayani tugas dan masyarakat sepenuh hati ini adalah jabatan yang kita terima. Ketiga, harus proposional terus relevan terus mengupgrade diri, terus belajar menjadi pejabat-pejabat yang memiliki nilai relevansi terhadap situasi.

"Karenanya kepada seluruh yang dilantik untuk selalu beradaptasi dengan kebiasaan baru. Yang biasanya, jauh dari teknologi, saya perintahkan semua pejabat harus hafal dalam menyelenggarakan tugasnya melalui teknologi jarak jauh," ujar Emil sapaan akrabnya.

Menurut Emil, proses rotasi mutasi ini harus memaksimalkan sebaik-baiknya dan seobjektif-objektifnya. Bahkan, seluruh kepala sekolah tidak boleh korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) dan tidak boleh ada pihak-pihak yang mengandalkan urusan jabatannya kepada pihak-pihak tidak penting.

"Jabatan itu amanah, tidak main-main. Karena dengan dilantiknya kepala sekolah, di dalamnya ada proses-proses yang ketat. Ada evaluasi, dari kepala sekolah, pengawas, ada masukan-masukan online yang diterima oleh siswanya," pungkas Emil. (Okky Adiana)