PLN UID Jabar Berikan Bantuan Penyambungan Listrik Untuk 33 Madrasah

PLN UID Jabar Berikan Bantuan Penyambungan Listrik Untuk 33 Madrasah
istimewa

INILAH, Bandung - PLN UID Jawa Barat memberikan bantuan penyambungan listrik ke 33 Madrasah yang belum teraliri listrik di wilayah Jawa Barat. Bantuan ini merupakan respon atas data Kantor Wilayah Kemenag Jabar yang menyebutkan, ada 2.522 madrasah di Jabar yang belum teraliri listrik.

GM PLN UID Jawa Barat Agung Nugraha mengatakan, sebelum memberikan bantuan berupa penyambungan listrik, pihaknya telah melakukan pendataan terlebih dahulu ke Kantor Wilayah Kemenag dan melakukan survey sampling ke 146 madrasah.

Dari hasil sampling, lanjut Agung, diketahui bahwa madrasah tersebut yang belum mendapatkan aliran listrik karena berbagai faktor. Diantaranya, bangunan madrasah masih baru sehingga belum ada instalasi listriknya, tidak memiliki meter sendiri sehingga menumpang ke listrik tetangga (levering), jauh dari jaringan, dan sebagainya.

"Menindaklanjuti hal tersebut, PLN UID memberikan bantuan kepada 33 madrasah yang telah siap untuk dilaksanakan penyambungan listriknya," ucap Agung usai memberikan bantuan sambungan listrik di Madrasah Tahfidz Quran Majalaya, Kabupaten Bandung, Jumat (10/7/2020).

Agung mengungkapkan, bantuan tersebut merupakan hasil infaq, zakat dan shodaqoh dari selururh karyawan PLN UID Jabar yang disalurkan melalui Yayasan Baitul Mal PLN UID Jawa Barat.

"Setelah mengetahui data madrasah belum berlistrik ini, kami melalui Yayasan Baitul Mal PLN yang merupakan badan yang menerima zakat, infak, sodakoh dari pendapatan karyawan PLN setiap bulan, berinisiatif memberikan bantuan penyambungan listrik ke madrasah," ujar Agung.

Lebih lanjut, Agung mengharapkan, bantuan berupa penyambungan listrik ini diharapkan dapat menjadi secercah harapan di tengah pandemi Covid-19. Pun menjadi penyemangat bagi murid atau santri untuk menimba ilmu di Madrasah penerima manfaat.

"Semoga dapat membantu keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di madrasah-madrasah," ungkap Agung.

Ditemui ditempat yang sama, Kepala Sekolah Madrasah Tahfidz Qur'an Majalaya, Ahmad mengungkapkan rasa terimakasihnya untuk bantuan penyambungan listrik dari PLN UID Jabar. Menurutnya, bantuan penyambungan listrik sangat bermanfaat bagi murid atau santri di madrasah yang dipimpinnya.

"Kami sangat senang sekali dengan bantuan listrik yang sudah diberikan PLN khususnya Yayasan Baitul Mal PLN. Semoga PLN semakin sukses dunia akhirat," pungkasnya.

Perlu diketahui, PLN UID Jabar juga berkomitmen akan tetap menjaga kehandalan pasokan listrik dan menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan kerja selama memasuki masa new normal.

Agar pasokan listrik semakin andal saat New Normal, PLN UID Jabar telah menyiapkan 3.799 orang pegawai Pelayanan Teknik, 437 pegawai teknik dan 1.637 pegawai vendor jaringan yang siaga apabila terjadi hal-hal yang perlu ditangani segera.

Petugas tersebut bersama pegawai kritikal seperti dispatcher, operator, dan pencatat meter bekerja dengan tetap mematuhi protocol kesehatan Covid-19. Sementara itu, Pegawai PLN UID Jabar yang bersifat pendukung dan administratif pun kini bertahap mulai bekerja dikantor. (Ridwan Abdul Malik)