Masih Zona Kuning, MPLS di Garut Dilakukan Secara Daring

Masih Zona Kuning, MPLS di Garut Dilakukan Secara Daring
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang menandai dimulainya awal ajaran baru 2020/2021 bagi peserta didik baru (PDB) di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut rencananya dilaksanakan secara daring atau Webinar serentak pada 13 hingga 15 Juli 2020.

Hal itu ditegaskan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut dalam surat
Nomor 420/905-Disdik tentang MPLS secara Webinar tertanggal 9 Juli 2020 ditujukan kepada Korwil Bidang Pendidikan se-Kabupaten Garut, dan Kepala SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Garut.

Dalam surat ditandatangani Kepala Disdik Garut Totong itu disebutkan, MPLS dilaksanakan secara webinar berdasarkan arahan Bupati Garut selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut sehubungan status Kabupaten Garut masih masuk dalam zona kuning. Karena itu pula, MPLS belum bisa dilaksanakan dengan kegiatan tatap muka.

Webinar atau website daring seminar sendiri merupakan pertemuan atau presentasi online yang diadakan melalui internet secara real-time. Webinar bisa pula disebut sebagai seminar bersifat online.

Acara pembukaan MPLS di Garut juga akan dilaksanakan secara Webinar dengan para peserta Kepala PAUD/TK, SD dan SMP se-Kabupaten Garut didampingi para kordinator wilayah, para pengawas dan para penilik. Acara pembukaan MPLS rencananya dibuka langsung Bupati Garut melalui Webinar.

Seusai acara pembukaan MPLS tersebut, para kepala sekolah dapat melanjutkan MPLS bersama para orangtua dan para peserta didik baru sesuai kebutuhan dengan cara Webinar.

MPLS di SMA/SMKN di Kabupaten Garut juga sama dilangsungkan secara daring.

"Semua sekolah SMA, dan SMK yang ada di Jabar selain Kota Sukabumi yang merupakan zona hijau, menggunakan daring sesuai juknis MPLS Disdik Provinsi Jabar, mulai 13 sampai 16 Juli 2020," kata Kantor Cabang Cinas Wilayah XI Disdik Jabar Asep Sudarsono, Jumat (10/7/2020).

Salah seorang peserta didik baru di SMKN 3 Garut Jalinar RMA (14) mengatakan MPLS di sekolah barunya akan dilakukan secara daring melalui moda daring zoom.

"Dari pihak sekolah ada pengumuman, MPLS dilakukan webinar melalui zoom. Tapi meskipun kontaknya dilakukan di rumah, semua siswa tetap harus berpakaian seragam sekolah," katanya. (Zainulmukhtar)