Toyota Corolla Cross Debut di Thailand

Toyota Corolla Cross Debut di Thailand
istimewa

INILAH, Bangkok - Toyota Motor Corporation mengumumkan peluncuran global Corolla versi SUV di Thailand, yang tersedia dalam dua versi mesin, yakni hybrid dan bensin.

Hadir dengan nama Corolla Cross, mobil ini ditawarkan dengan harga mulai dari 989 ribu baht atau sekitar Rp453,5 juta hingga 1,2 juta baht atau sekitar Rp550 juta.

Corolla yang sebelumnya berdesain sedan dan hatchback adalah mobil terlaris Toyota dengan penjualan 48 juta unit di seluruh dunia, sejak diluncurkan di Jepang pada 1966 silam.

Sedangkan Corolla Cross merupakan upaya Toyota memenuhi perubahan tren dari sedan ke SUV yang terus meningkat. Selain itu, hadirnya versi Cross membuat konsumen Corolla memiliki lebih banyak pilihan model.

"Sekarang Corolla Cross bergabung dengan keluarga Corolla, kami berharap pelanggan akan menyambut hangat kendaraan ini untuk menjadi bagian dari keluarga mereka, sama seperti pasangan, saudara kandung atau teman," kata Daizo Kameyama, Chief Engineer yang bertanggung jawab atas desain Corolla, dalam siaran pers Toyota Global.

Corolla Cross menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) dengan suspensi torsion-beam baru untuk menghadirkan kondisi berkendara yang lebih nyaman dengan ruang kabin yang luas.

Secara tampilan, Corolla Cross yang berdimensi panjang 4.460mm, lebar 1.825mm, dan tinggi 1.620 mm, menawarkan desain yang segar dengan body yang ramping dan kuat, terlihat dari desain wajah dan bentuk fender.

Corolla Cross akan bersaing dengan Mitsubishi Outlander, Honda HR-V 1.8L, Mazda CX-30, Subaru XV, dan Nissan Kicks.

Presiden Toyota Motor Thailand Michinobu Sugata mengatakan bahwa Corolla Cross akan mulai dikirimkan dari pabrik Toyota Chachoengsao di Thailand pada 13 Juli 2020.

"Yang terpenting, mobil itu dibuat oleh Thailand dan diekspor ke pasar lain oleh Thailand," kata dia dalam laman resmi perusahaaan.

Michinobu menjelaskan bahwa segmen yang dimasuki Corolla Cross merupakan yang pertama bagi Toyota. Namun, mereka optimistis produk baru itu akan diterima pasar dengan baik karena Corolla memiliki sejarah panjang dan berkualitas baik. (inilah.com)