Persib Pastikan Protokol Kesehatan di Atas Segalanya

Persib Pastikan Protokol Kesehatan di Atas Segalanya
Striker Persib Bandung Wander Luiz. (Bambang Prasethyo)

INILAH, Bandung - Dokter Persib, Mochamad Rafi Ghani beberkan alasan pentingnya swab test PCR (Polymerase Chain Reaction) yang dilakukan timnya selama ini. 

Menurutnya tes ini merupakan syarat utama lantaran timnya akan memulai kembali sesi latihan bersama. Tujuannya untuk menghindari paparan virus Corona (Covid-19). 

"Artinya jangan sampai menularkan dan tertular. Kita harus ikuti protokol kesehatan dengan baik. Nanti kalau ada kesempatan, kita bisa lakukan lagi test PCR tergantung kondisi dan situasi di tengah pandemi virus Corona," jelas Rafi. 

Rafi pun mengaku sudah mengantongi panduan protokol kesehatan yang harus dilakukan para pemainnya. Baik mulai dari sebelum latihan, saat latihan hingga sesudah latihan.

"Saya sudah buat protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru sepak bola di tim Persib. Acuannya tetap ke PSSI pusat, PSSI Jabar, WHO dan Kemenkes," katanya.

Rafi memastikan akan berusaha menerapkan protokol kesehatan itu dengan baik. Sehingga timnya bisa lancar dan aman dalam menjalani latihan dan maksimal saat menghadapi pertandingan. 

"Insya Allah sebaik mungkin untuk esensi protokol ini. Makannya saya selalu memberikan pengarahan pada pelatih, pemain dan ofisial agar mereka bisa mengetahui esensi protokol kesehatan yang kita lakukan sama-sama," terangnya. 

Protokol kesehatan itu, lanjut Rafi sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan kerap dilakukan selama ini dalam kehidupan sehari-hari. 

"Misalnya pakai masker, jangan mengusap wajah ketika tidak yakin tangan bersih karena takut terkontaminasi masker atau barang di sekitar," katanya.

Lalu, kata Rafi, menggunakan masker agar terhindar dari droplet yang dilakukan lawan bicara. Baik saat berbicara, bersin hingga batuk. 

"Karena bagaimana caranya agar tidak tertular, jangan kena droplet itu. Kalau kepegang, cuci tangan dengan sabun dan jaga jarak bicara. Lalu pola hidup sehat, istirahat cukup, makan yang baik, tidur teratur, manage tingkat stres. Insya Allah kita bisa menang lawan Covid-19," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)