Timnas U-16 Antisipasi Penularan Covid-19 Lewat Udara

Timnas U-16 Antisipasi Penularan Covid-19 Lewat Udara
Ilustrasi/ANTARA FOTO

INILAH, Jakarta- Pelatih timnas U-16 Indonesia Bima Sakti mengatakan bahwa skuadnya mengantisipasi kemungkinan penularan COVID-19 melalui udara dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

"Kami harus sama-sama menjaga kesehatan dengan mengikuti semua protokol kesehatan yang sudah diberikan tim dokter," kata Bima dalam pertemuan virtual di Jakarta, Sabtu (11/7/2020).

Pelatih berusia 44 tahun ini menyebut salah satu protokol kesehatan yang harus dipatuhi adalah selalu menggunakan masker saat beraktivitas yang hanya boleh dilepas ketika berada di kamar atau saat melakukan kegiatan fisik.

Setiap pemain, lanjut Bima, mendapatkan masker kira-kira lima buah per hari dan juga memperoleh sarung tangan yang harus dikenakan saat berlatih di lapangan.

"Lalu tim dokter juga memberikan ‘hand sanitizer’ kepada setiap pemain yang begitu habis dapat langsung diisi kembali," kata pelatih yang pernah memimpin timnas pada Piala AFF 2018 itu.

Selain itu, para pemain juga mendapatkan botol minumnya masing-masing untuk mencegah saling bertukar wadah minuman.

"Botol-botol itu menjadi tanggung jawab si pemain, termasuk mereka harus mencucinya sendiri. Kemudian, kami juga diberikan banyak vitamin oleh dokter. Lalu ketika makan, kami wajib mengonsumsi banyak sayuran dan buah," kata Bima.

Timnas U-16 juga rutin dites COVID-19 setelah semuanya sudah mengikuti tes usap Selasa 7 Juli yang hasilnya semua negatif COVID-19 dan tak ada yang reaktif saat tes cepat.

Kamis pekan ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19 bisa menular lewat udara.

Timnas U-16 tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada 6-29 Juli 2020, yang diikuti oleh 26 pemain.

Mereka disiapkan untuk berlaga pada Piala Asia U-16 2020 pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain dan bergabung di Grup D bersama Arab Saudi, China dan juara bertahan, Jepang.

Indonesia akan menghadapi Arab Saudi pada Jumat (27/11), kemudian China pada Senin (30/11) dan Jepang pada Kamis (3/12). (Antara)