Warga dan Kompepar Gotong Royong Bebersih Puncak Bogor

Warga dan Kompepar Gotong Royong Bebersih Puncak Bogor
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Cisarua - Komunitas Penggerak Pariwisata (Kompepar) Puncak dan organisasi kepemudaan lainnya melakukan kegiatan bersih-bersih di rest area Gunung Mas. 

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan kesiapan warga kawasan Puncak maupun penggerak pariwisaya ini dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah virus corona di era pembatasan sosial berskala besar (PSBB) propiorsional.

"Kegiatan Kompepar dengan organisasi kepemudaan lainnya pada hari ini untuk memastikan berjalannya protokol kesehatan saat kunjungan wisatawan ke Rest Area Gunung Mas dan sekitarnya, seperti kita ketahui dengan tidak adanya pintu gerbang dan belum bukanya objek-objek wisata lainnya, rest area ini sudah semenjak liburan Hari Idul Fitri lalu dipadati wisatawan baik itu dari Jakarta, Depok, Tanggerang, Bekasi maupun Bogor," kata Ketua Kompepar Puncak  M Teguh Mulyana kepada wartawan, Minggu (12/7/2020).

Dia menerangkan, kegiatan itu juga sebagai sosialisasi physical distancing kepada warga Kawasan Puncak maupun wisatawan yang datang ke Rest Area Gunung Mas.

"Selain alasan diatas, dalam kegiatan Puncak Bersih Virus Tersisih ini  Kompepar yang mempunyai lembaga koperasi ini juga menggandeng pelaku UMKM untuk mempromosikan dan menjual hasil kreativitas warga Kawasan Puncak kepada seluruh wisatawan yang datang," terangnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Tugu Selatan Eko Windiana meminta seluruh aktivitas wisatawan di Rest Area Gunung Mas untuk melaksanakan secara tertib Peraturan Bupati Nomor 40/2020 tentang PSBB Proporsional.

Sementara ityu, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bogor Tuti Alawiyah juga menyambut baik kegiatan Puncak Bersih Virus Tersisih. 

"Mencegah penyebaran wabah Covid-19 maupun membersihkan Kawasan Puncak dari sampah bukanlah semata tugas pemerintah tapi butuh peran serta masyarakat,  jadi kami selaku wakil rakyat pastinya mengapresiasi kegiatan teman-teman," singkat legislator asal Fraksi Gerindra tersebut.

Kepala UPT Pengelolaan Sampah Wilayah III Sofyan Khaerudin mengaku terbantu Kompepar Puncak dan organisasi kepemudaan dalam upaya memungut sampah.

"Kegiatan membersihkan sampah hari ini tentunya membantu tugas para petugas kebersihan atau pesapon, apalagi setiap akhir pekan sampah yang terkumpul dari Kawasan Puncak ini mencapai 3 ton per harinya," tukas Sofyan. (Reza Zurifwan)