Ratusan Pemandu Lagu di Kabupaten Cirebon Jalani Swab Test

Ratusan Pemandu Lagu di Kabupaten Cirebon Jalani Swab Test
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Ratusan Pemandu lagu dari beberapa tempat hiburan malam di Kabupaten Cirebon, melakukan swab test secara massal. 

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana menyebutkan, swab test dilakukan guna mencegah penyebaran covid-19 ditempat hiburan malam. Masalahnya, Pemkab Cirebon sudah membuka kembali izin keramaian.

"Izin keramaian kan sudah dibuka. Mereka kerjanya pemandu lagu, jadi kami harus lakukan swab test. Ini agar mereka bebas covid-19," kata Nanang, Senin (13/7/2020).

Menurutnya, ada sekitar 150 pemandu lagu yang dijadwalkan menjalani swab test. Mereka berasal dari beberapa tempat karoke yang ada di Kabupaten Cirebon. Namun, swab test massal dipusatkan pada salah satu tempat karoke yang berada di Kecamatan Kedawung. Hal itu, untuk memudahkan tim gugus tugas melakukan pemeriksaan.

"Targetnya 150 an pemandu lagu. Tapi yang datang saat ini baru 142. Ini berasal dari delapan tempat hiburan malam yang ada di Kabupaten Cirebon. Jadi tinggal delapan orang lagi. Kita jadwalna swab susulan," jelas Nanang.

Nanang mengaku, pihaknya tidak akan main-main dengan swab test tersebut. Alhasil, semua tempat hiburan malam juga harus menyodorkan nama-nama pemandu lagu mereka, supaya gugus tugas juga tidak terlewat melakukan swab test. Kalau manajemen tempat hiburan. Kalau saja ada pemandu lagu yang terlewat dan belum mengikuti swab test, maka dipastikan hiburan malam tersebut belum boleh beroperasi.

"Jadi dari delapan tempat hiburan malam, total ada 150 pemandu lagu. Ya tinggal delapan orang lagi yang belum  swab test. Untuk hasil test sekarang, nanti Rabu besok keluar hasilnya. Pokoknya, walaupun tempat hiburan malam beroperasi, tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Ada tim kami yang selalu memantau dilokasi," tukas Nanang. (maman suharman)