Sudah 4 Tenaga Medis di Garut Positif Covid-19

Sudah 4 Tenaga Medis di Garut Positif Covid-19
Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut Yeni Yunita. (Zainulmukhtar)

NILAH, Garut- Hingga saat ini, sudah empat tenaga medis di Kabupaten Garut terpapar Covid-19. 

Sebanyak tiga orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh. Ketiganya yakni perempuan berusia 35 tahun asal Kecamatan Garut Kota (KC-02), perempuan berusia 47 tahun asal Kecamatan Garut Kota (KC-07), dan lelaki berusia 26 tahun asal Kecamatan Cisurupan (KC-11). 

Sedangkan seorang lagi merupakan kasus baru, dan masih dirawat di ruang isolasi RSU dr Slamet Garut. Pasien berasal dari Kecamatan Karangpawitan.

Belum diketahui bagaimana cara penularan Covid-19 terhadap pasien berusia 27 tahun yang disebut-sebut bekerja sebagai tenaga bidan di sebuah puskesmas itu. Namun diduga dia tertular Covid-19 melalui penularan lokal/transmisi lokal.

Pasalnya, dia diketahui belum pernah bepergian ke luar kota Garut. Kendati dia juga sempat disebut-sebut pernah berwisata ke kawasan pantai selatan Garut belum lama ini.

"Pasien belum pernah bepergian ke luar kota. Dugaan sementara, penularan transmisi lokal," kata Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut Yeni Yunita, Senin (13/7/2020).

Atas temuan kasus positif Covid-19 terbaru tersebut, Yeni kembali mengingatkan masyarakat untuk tidak melonggarkan kewaspadaan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Antara lain membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), menjauhi kerumunan, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.(zainulmukhtar)