Ini Tanggapan Erwin Ramdani Liga 1 2020 Dipusatkan di Pulau Jawa

Ini Tanggapan Erwin Ramdani Liga 1 2020 Dipusatkan di Pulau Jawa
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengumumkan keputusannya mengenai lanjutan Liga 1 2020. Selain laga mulai digelar 1 Oktober, kompetisi tertinggi tanah air itu akan dipusatkan di Pulau Jawa. 

Kepastian tersebut dituangkan oleh PT LIB dalam surat bernomor 244/LIB-COR/VII/2020 tentang 'Penyampaian Tindak Lanjut Surat Keputusan PSSI SKEP/053/VI/2020'. Salah satu isi poin dari surat terbaru yang dikeluarkan PT LIB menyebutkan kompetisi akan terpusat di Pulau Jawa.

Artinya, para klub yang berasal dari luar Pulau Jawa akan ber-homebase di Jawa khususnya di DI Yogyakarta dan sekitarnya. Seperti halnya PSM Makassar, Persipura Jayapura, Persiraja Banda Aceh, Barito Putera, dan Bali United.

Menyikapi hal itu, gelandang Persib Bandung, Erwin Ramdani mengaku tak bisa berkomentar banyak. Yang pasti kata dia, keputusan itu dikeluarkan melalui berbagai pertimbangan.

"Mungkin itu merupakan keputusan dari Ketua PSSI yang mencakup keseluruhan musyawarah. Mereka juga memperhitungkan sangat matang," kata Erwin di Lapangan Lodaya, Kota Bandung, Senin (13/7/2020).

Menurut Erwin, banyak pertimbangan yang harus dilakukan untuk bisa melanjutkan Liga 1 2020. Terlebih saat ini, pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia belum berakhir. 

"Banyak aspek, baik waktu, sesuatu yang terjadi sekarang (Covid-19), finansial klub," tuturnya. 

Pemilik nomor punggung 93 ini mengaku sebagai pemain tentunya harus siap menjalani aturan dan keputusan tersebut. Yang terpenting pertandingan bisa berjalan dengan aman dan lancar. 

"Mudah-mudahan keputusan itu terbaik bagi semua pesepak bola meskipun penikmat sepak bola karena kita tahu mereka semua menunggu hal itu," katanya.

Erwin pun mengaku sudah sangat rindu untuk bisa melakoni pertandingan. Sebab Liga 1 2020 ditunda sejak pertengahan Maret lalu. 

"Pastilah semua pemain rindu. Semua sudah melakukan hal yang tak biasa, seperti di dalam latihan. Baik kebersamaan tim atau pertandingan," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)