Jelang Idul Adha, Disnakan KBB Cek Kesehatan Hewan Kurban

Jelang Idul Adha, Disnakan KBB Cek Kesehatan Hewan Kurban
Foto: Ahmad Sayuti

INILAH, Bandung - Jelang Hari Raya Kurban 2020, petugas kesehatan dari Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) KBB memeriksa kesehatan dan kelayakan hewan kurban yang dijual di beberapa wilayah di KBB.

”Ini wajib dilakukan.  Hewan kurban yang dijual harus dalam kondisi sehat dan sesuai syariat agama. Bisa saja ada yang dijual itu yang cacat, tidak sehat, dan masih muda," kata Kadisnakan Undang Husni Tamrin, Senin (13/7/2020).

Hingga saat ini, pihaknya belum menemukan adanya hewan kurban yang dijual dalam kondisi sakit. Jika ditemukan hewan kurban dalam kondisi sakit maka tidak akan diberikan dulu label sehat dan harus diobati terlebih dulu. 

"Kalau yang cacingan bisa dilihat dari bulu rontok saat diusap. Kalau yang sakit itu tidak layak dijual karena membahayakan saat dikonsumsi dan merugikan pembelinya juga,"  ujarnya.

Sementara itu, salah seorang penjual hewan kurban Entang mengaku semua hewan kurban yang ada di tempatnya layak dijual dan dalam kondisi sempurna. Terlebih petugas sudah mengecek dan memberikan label sehat.

"Semuanya alhamdulillah sehat. Kami menjaga kondisi kesehatan hewan kurban terutama sapi, karena kalau sakit juga rugi ke kami sebagai penjual," singkatnya. (Ahmad Sayuti)