Ford Hadirkan Bronco Generasi Terbaru

Ford Hadirkan Bronco Generasi Terbaru
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Jakarta- Ford kembali "melahirkan' mobil legendaris Bronco model 2021, yang tersedia dalam model dua dan empat pintu yang akan menjadi andalan lini kendaraan off-road bagi pabrikan Amerika Serikat itu.

Ford Bronco 4x4 lahir untuk mengambil ceruk pasar off-road AS yang selama ini dikuasai Jeep. Bronco dihadirkan bersamaan dengan ajakan Ford kepada konsumennya untuk menjelajah alam liar.

"Kami menciptakan keluarga Bronco untuk meningkatkan setiap aspek petualangan off-road dan membekali mereka dengan perangkat sasis kuat di kelasnya dan teknologi eksklusif untuk meningkatkan standar di segmen 4x4 yang kokoh dan membawa lebih jauh ke alam liar," kata Jim Farley, CEO Ford dalam laman resmi Ford, Selasa (14/7/2020).

"Mereka dibangun dengan ketangguhan truk Seri-F dan semangat kinerja Mustang, juga dibungkus dengan salah satu desain off-road yang paling menakjubkan dan fungsional yang sesuai dengan DNA desain asli Bronco," tambah dia.

Produksi Bronco dimulai pada 2021, dengan model pertama tiba di diler Ford pada musim semi berikutnya. Ford menyediakan 200 aksesori untuk menunjang gaya hidup konsumen Bronco.

Bronco diharapkan dapat menyasar segala kalangan penikmat offroad, baik pemula maupun profesional.

"Teknologi penggerak empat roda Bronco yang canggih adalah inti dari kemampuannya di luar jalan raya, dan inti dari semuanya adalah Sistem Manajemen Medan eksklusif dari Bronco dengan G.O.A.T Mode yang dirancang untuk membantu pengemudi menavigasi semua jenis medan dengan lebih baik," kata Mark Grueber, manajer pemasaran konsumen Bronco.

Tersedia tujuh mode mengemudi, antara lain Normal, Eco, Sport, Slippery dan Sand, Muds dan Rock Crawl.


 


Bronco hadir dengan suspensi depan yang dapat meningkatkan kontrol, kepercayaan diri, dan kenyamanan.

Di bagian belakang, desain gandar solid yang kokoh dengan pegas koil dengan lima penghubung penempatan menghasilkan kontrol kekuatan dan off-road yang baik.

Peredam Bilstein yang sensitif terhadap posisi perjalanan panjang dengan katup kontrol ujung di setiap sudut tersedia untuk menambah daya tahan off-road dan mengurangi goncangan yang kasar.

Ban off-road 35-inci tersedia di setiap level trim Bronco, baik dua dan empat pintu. Sementara roda berkemampuan beadlock memungkinkan pelanggan meningkatkan kemampuan off-road.

"Mesin EcoBoost manual 7-kecepatan menjadi segmen pertama kami dan transmisi otomatis 10 kecepatan dapat memberi Bronco kombinasi optimal daya, torsi, dan rentang roda gigi untuk tampil di berbagai medan dan penggunaan," Kata Pericak.

Mesin EcoBoost V6 2,7 liter diproyeksikan dapat menghasilkan 310hp dan 400 lb-ft. Sementara mesin EcoBoost 2,3 liter ditargetkan untuk memberikan torsi empat silinder terbaik di kelasnya sebesar 310 lb-ft. dengan 270 tenaga kuda.

Seperti lima generasi sebelumnya, Bronco akan dibangun di Michigan Assembly Plant, Michigan.

Ford Bronco dua pintu Bronco dibanderol 29.995 dolar Amerika Serikat (setara dengan Rp434 juta), termasuk 1.495 dolar AS untuk jasa pengiriman. Pemesanan untuk model dua dan empat pintu Bronco dapat dilakukan dengan melakukan pembayaran DP seharga 100 dolar AS.