Pembayaran Digital Semakin Diminati di Shopee

Pembayaran Digital Semakin Diminati di Shopee
Ilustrasi (Antara)

INILAH, Bandung - Platform dagang dalam jaringan Shopee menemukan sejak beberapa bulan belakangan, metode pembayaran secara digital semakin disukai pengguna.

"Sejalan dengan upaya physical distancing, kami melihat kecenderungan masyarakat dalam menerapkan pembayaran digital untuk kenyamanan dan keamanan yang lebih efektif, dengan dukungan upaya dari pemerintah dalam mendorong langkah ini," kata Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, dalam keterangan resmi, dikutip Selasa.

Pembayaran digital yang meningkat sejak pandemi virus corona di platform Shopee berupa kartu kredit, transfer bank dan dompet elektronik ShopeePay.

Sebanyak 80 persen dari jumlah total pembelian di Shopee menggunakan pembayaran secara digital oleh pengguna usia 18-34 tahun.

Sebesar 45 persen transaksi menggunakan ShopeePay, dilakukan oleh pengguna berusia 50 tahun ke atas.

Pengguna yang berada di kota besar di provinsi DKI Jakarta, Banten dan Jawa Timur cenderung lebih sering menggunakan pembayaran secara digital. Shopee melihat penduduk di kota besar umumnya cukup akrab menggunakan ponsel pintar sehingga adopsi pembayaran digital tinggi.

Shopee juga mencatat selama setahun terakhir pertumbuhan pembayaran digital pada pengguna laki-laki 35 persen lebih tinggi dibandingkan perempuan. (antara)