Terkendala Perangkat, Disdik Kota Bandung Pinjamkan Laptop kepada Siswa Kurang Mampu

Terkendala Perangkat, Disdik Kota Bandung Pinjamkan Laptop kepada Siswa Kurang Mampu
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung meminjamkan perangkat sekolah berupa laptop bagi siswa kurang mampu yang tidak memiliki telepon pintar. 

Kepala Seksi Kurikulum SMP Disdik Kota Bandung Bambang Ariyanto mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk meringankan beban siswa. Berdasarkan catatannya, saat ini sebanyak 9,25% siswa itu terkendala sarana penunjang selama menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

"Sekolah memiliki sampai 100 laptop. Misal ada siswa yang tidak punya alat, didistribusikan saja sebagai pinjaman," kata Bambang di Balai Kota Bandung, Selasa (14/7/2020). 

Selain itu, bantuan lainnya yang diberikan yakni paket kuota internet secara gratis. Dana itu diambil dari dana BOS untuk mereka yang juga kesulitan membeli paket internet. 

"Dana BOS dapat dipergunakan siswa dan guru untuk operasional pembelajaran jarak jauh. Contoh untuk mereka yang tidak bisa membeli kuota. Nah dana itu bisa kita pergunakan," ucapnya. 

Bambang mengakui, kendala PJJ itu tak hanya dialami para siswa. Namun, para tenaga pengajar pun turut merasakan. Disdik Kota Bandung mencatat, sebanyak 8,35% guru TK hingga SMK yang berusia 50 tahun itu terkendala dengan pemakaian teknologi. 

Untuk itu, pihaknya akan menyelenggarakan training webinar kepada guru-guru se-Kota Bandung dengan harapan di PJJ tahap dua akan relatif siap. (Yogo Triastopo)