Mulai Besok, Pemkot Bandung Akan Lakukan Rapid Test 600 Warga di Lingkungan Secapa AD

Mulai Besok, Pemkot Bandung Akan Lakukan Rapid Test 600 Warga di Lingkungan Secapa AD
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan melakukan rapid test kepada 600 warga di sekitar lingkungan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD). Pemeriksaan cepat itu akan dilaksanakan pada Rabu-Jumat (15-17/7/2020). 

"Kita terus lakukan tracing, terutama kepada warga sekitar. Terakhir kita lakukan Senin kemarin dan akan melakukan rapid test ke-600 warga sampai Jumat nanti," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rita Verita di Balai Kota Bandung, Selasa (14/7/2020). 

Menurut dia, tes massal tersebut dilakukan pemerintah kota setelah adanya keinginan warga di sekitar lingkungan Secapa AD untuk melakukan rapid tes. Kegiatan tiga hari itu, rencananya akan dilakukan di lingkungan sekolah pariwisata kawasan Setiabudi, Kota Bandung. 

"Kalau nanti dari 600 orang yang melakukan rapid test ada yang reaktif, tentu kita akan tindaklanjuti dengan  swab test," ucapnya. 

Terkait pembatasan sosial berskala mikro (PSBM) di lingkungan Secapa AD, itu dilakukan kepada tujuh rukun warga yang berada di tiga kelurahan. Adalah Kelurahan Hegarmanah, Kelurahan Ledeng dan Kelurahan Cimbuleuit. 

"Ada tujuh titik cek poin  di tujuh RW. Nanti akan diatur buka tutupnya. Di buka jam enam pagi dan ditutup jam sembilan malam. Lalu ada beberapa jalan ke Secapa AD di buka hanya satu arah ke Hegarmanah, dan di Panorama kita atur dari Jam enam sampai jam sembilan," ujar dia. 

Rita menyebut, Dinkes Kota Bandung yang akan terjun langsung untuk melakukan pemeriksaan protokol kesehatan. Dia juga menegaskan, ke-28 warga sebelumnya yang telah melakukan tes cepat dinyatakan negatif Covid-19. 

"Dan untuk laju reproduksi penyebaran virus corona di Kota Bandung berasa di angka 0,53 karena data kasus positif Covid-19 di Secapa AD dihitung pemerintah pusat," tandasnya. (Yogo Triastopo)