DPRD Jabar Salurkan Bantuan Masker

DPRD Jabar Salurkan Bantuan Masker
DPRD Jabar Salurkan Bantuan Masker

INILAH, Bandung,-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat kembali melaksanakan kegiatan reses III Tahun Sidang 2019-2020 secara serentak di 12 titik daerah pemilihan (Dapil). Disamping sebagai amanat terhadap perundang-undangan, kegiatan reses juga diharapkan mampu menyerap aspirasi masyarakat khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Berbeda dengan sebelumnya, kegiatan reses kali ini juga tampak berbeda. Pasalnya, DPRD Jabar sekaligus membagikan masker dan sosialisasi terkait pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Kepala Sub Bagian Aspirasi dan Hubungan Antar Lembaga, Sekretariat DPRD Jabar, Heni Margawati mengungkapkan, reses dilakukan sejak 1 hingga 10 Juli 2020 lalu. Kegiatan reses ini juga menjadi momentum partisipasi aktif anggota DPRD dalam menyosialisasikan adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Menurut Hani, reses merupakan kegiatan di luar masa sidang, atau di luar kantor. "Misalnya untuk melakukan kunjungan kerja mendatangi secara langsung konstituennya, baik yang dilakukan anggota secara perseorangan maupun kelompok," ujarnya, Selasa (14/7/2020).

Ditambahkan Hani, kegiatan reses merupakan amanat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan, yang menjadi salah satu kewajiban setiap anggota DPRD.

"Aspirasi dan masukan-masukan yang sudah diperoleh, selanjutnya merupakan kewajiban dari setiap anggota DPRD untuk diperjuangkan dan ditindaklanjuti dalam program pembangunan daerah, sesuai dengan kewenanganya," paparnya.

Lebih lanjut Hani menambahkan, karena pelaksanaan reses dilakukan di tengah pandemi Covid-19, reses tidak hanya sekadar menjadi ajang untuk menyerap aspirasi tetapi juga sosialisasi berbagai hal terkait dengan masa pandemi Covid-19 seperti adaptasi kebiasaan baru, pentingnya menjaga pola hidup sehat, penggunaan masker serta protokol kesehatan lainnya.

Disamping itu, reses juga diisi dengan penyalurkan sejumlah bantuan berupa masker kepada masyarakat."Hal tersebut merupakan komitmen DPRD Jabar, untuk ikut andil dalam upaya menekan penyebaran Covid-19 di Jabar. Sebab percepatan penanggulangan Pandemi Covid-19 menjadi salah satu perhatian serius," katanya.*