Diawasi Elly Yasin, Antam Bantu Renovasi Lima Pondok Pesantren

Diawasi Elly Yasin, Antam Bantu Renovasi Lima Pondok Pesantren
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang pertambangan, PT Aneka Tambang (Antam) membantu renovasi lima pondok pesantren di Kabupaten Bogor.

Elly Halimah Yasin, anggota Komisi VI DPR RI yang mitra BUMN pun ikut mengawasi penyaluran dana corporate social responsibility (CSR) Antam tersebut.

Divisi CSR PT Antam, Yuyu, mengatakan pihaknya melakukan program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) insidentil sesuai arahan Kementrian BUMN Republik Indonesia.

“Antam ditunjuk kementrian untuk melakukan pekerjaan bantuan renovasi lima ponpes di wilayah Kabupaten Bogor. Ponpes yang akan direnovasi itu ada di Kecamatan Tenjo, Cigudeg, Ciseeng, Cijeruk dan Tajurhalang. Kelima ponpes itu akan direnovasi tahun ini," ujar Yuyu kepada wartawan, Selasa (14/7/2020).

Ia menambahkan dalam menyalurkan material bahan bangunan ke pondok - pondok pesantren dan kewajiban sosial perusahaan terhadap masyarakat, pihaknya mengaku tetap selektif.

“Pondok pesantren yang direnovasi itu legalitasnya harus lengkap, di mana untuk kepemilikan lahan pondok pesantren  tersebut juga tidak boleh atas nama perorangan dan harus atas nama yayasan,” tambahnya.

Elly Rachmat Yasin menegaskan perhartian terhadap lembaga pendidikan berbasis religius itu amatlah penting. “Pondok pesantren itu mendidik para penerus bangsa dengan pondasi keagamaan islam yang kuat sehingga dapat mencetak para penerus bangsa yang berilmu dan berakhlak. Oleh karena itu, perhatian untuk sarana dan prasarana Ponpes juga harus menjadi perhatian bersama,” tegas Elly.

Perempuan yang juga Ketua DPC PPP Kabupaten Bogor ini melanjutkan pihaknya juga berupaya untuk optimalisasi pembangunan ponpes, khususnya di wilayah Bumi Tegar Beriman.

“Anggaran pendidikan cukup tinggi tapi memang banyak juga sekolah-sekolah formal yang membutuhkan anggaran tersebut untuk peningkatan mutu pendidikan. Oleh karena itu, adanya program  renovasi pondok pesantren ini sangat membantu, apalagi dengan adanya Undang-Undang nomor 18 Tahun 2019 tentang Pondok Pesantren,” lanjutnya. (Reza Zurifwan)