100 Petugas Diterjunkan Periksa Hewan Kurban di Bandung

100 Petugas Diterjunkan Periksa Hewan Kurban di Bandung
(Istimewa)

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menerjunkan 100 petugas untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban menjelang Idul Adha 1441 Hijriah mendatang.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar menyampaikan, para petugas tersebut akan melakukan pemeriksaan  saat hewan hidup sampai setelah pemotongan.

"100 orang ini terdiri dari relawan perhimpunan dokter hewan Indonesia. Dan mereka bertugas saat hewan masih hidup dan sudah disembelih," kata Gin Gin di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung pada Rabu (15/7/2020).

Petugas tersebut, dituturkan dia akan tersebar di 30 kecamatan yang ada di Kota Bandung. Dispangtan Kota Bandung pun, disebutnya telah mendata seluruh titik penjualan hewan kurban.

"Kurang lebih ada 212 titik. Kita juga sudah menyebar surat edaran dari Kementan kepada penjual hewan kurban untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat," ucapnya.

Selain hal itu, dia juga telah menyarankan agar panitia pemotongan hewan kurban untuk menyembelih di satu titik dan tidak menyebabkan kerumunan orang-orang di sekitar.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M Danial mengingatkan petugas untuk menerapkan protokol kesehatan. Dia tidak berharap, akan adanya klaster baru dari perayaan Idul Adha tahun ini.

"Saya tidak mau ada klaster baru dari proses Idul Adha ini. Maka saya meminta petugas untuk menerapkan protokol kesehatan, sekaligus mengajak masyarakat mematuhi protokol," kata Oded. (Yogo Triastopo)