SMP Darul Hikam Gelar PJJ Inspiratif

SMP Darul Hikam Gelar PJJ Inspiratif
Foto: Syamsuddin Nasoetion

INILAH, Bandung - Sejumlah siswa kelas VIII dan IX SMP Darul Hikam menggelar pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan tema Saya Siap Belajar.

Kepala SMP Darul Hikam Luqman Amin mengatakan, kegiatan tersebut disiapkan untuk mempersiapkan anak agar lebih siap belajar pada tahun ajaran 2020/2021. Kondisi saat ini diakuinya berbeda dengan kegiatan tahun sebelumnya.

"Kalau dulu belajar di sekolah, sekarang anak-anak belajar sendiri di rumah, otomatis dibantu orang tua siswa," kata Luqman, Rabu (15/7/2020).

Menurutnya, SMP Darul Hikam membuat sistem pembelajaran dengan tiga fase. Yakni, masa PJJ pada Juli-Desember 2020, masa transisi pada Januari-Maret 2021, dan masa normal baru pada April-Juni 2021.

Dia mengungkapkan, kegiatan belajar di rumah secara daring saat ini memang belum 100 persen efektif karena keterpaksaan kondisi. Dia berharap, semua siswa SMP Darul Hikam lebih siap untuk menghadapi home learning selama satu semester ini, jangan sampai anak-anak merasa bosan dengan keadaan ini.

"Yang paling penting adalah, home learning ini memberikan independensk anak untuk bisa belajar mandiri," tambah Luqman.

Sementara itu, salah satu materi PJJ kali ini disampaikan guru tamu dari Direktur Eksekutif Peace Generation Indonesia Irfan Amali. Dia menjelaskan bagaimana anak-anak siap belajar di rumah dengan berbagai tantangan-tantangan. Misalnya, tantangan belajar memakai gawai (gadget) dengan godaan-godaan seperti games dan lainnya.

"Tadi saya mengatakan tantang bahaya zat dopamine, bisa membuat anak-anak ketagihan terhadap games, lupa waktu dan melemahkan otot dan otak, sehingga ketika mau belajar daya juangnya rendah," ujar Irfan. (Okky Adiana)