SMAN 20 Bandung Mengikuti MPLS Secara Daring

SMAN 20 Bandung Mengikuti MPLS Secara Daring
Foto: Okky Adiana

INILAH, Bandung - Seluruh jenjang sekolah melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Kegiatan ini dilaksanakan pada 13-15 Juli 2020. Salah satunya seperti yang terlihat di SMAN 20 Bandung.

SMAN 20 Bandung sepenuhnya dilakukan secara daring. Dalam kegiatan jarak jauh itu terdapat 315 siswa baru yang mengikuti daring melalui tiga akun aplikasi zoom meeting yang disiapkan sekolah.

Kepala SMAN 20 Bandung Heniyati mengatakan, MPLS daring memang mempunyai keterbatasan waktu dibanding dengan metode tatap muka. Berdasarkan evaluasi kemarin, komunikasi lewat daring tidak dapat terpenuhi, hanya dapat dilaksanakan 2 jam saja, sehingga materi yang disampaikan harus padat dan dapat terserap siswa baru.

"Kami berharap MPLS yang saat ini berbeda dari tahun sebelumnya menjadi kesenangan siswa, karena tujuan MPLS untuk mengenalkan sekolah, pengajar, guru hingga sesama murid, dan memberikan semangat dalam belajar walau via daring," kata Heniyati, Rabu (15/7/2020).

Sementara itu, Wakil Kepala SMAN 20 Bandung Euis Sopiah menambahkan dari seluruh siswa baru yang mengikuti MPLS daring hanya tiga siswa yang hadir di sekolah. Sebab, ponsel yang dimiliki ketiga siswa tersebut tidak didukung aplikasi zoom.

Dia menuturkan, untuk memperlancar konsep belajar secara daring itu pihak sekolah memberikan bantuan kuota internet sebesar Rp150 ribu bagi siswa yang kesulitan untuk mengikuti pembelajaran daring hingga Desember mendatang. (Okky Adiana)