Xiaomi Segarkan MIUI 12, Fitur Apa yang Baru?

Xiaomi Segarkan MIUI 12, Fitur Apa yang Baru?
istimewa

INILAH, Jakarta - Bersamaan dengan peluncuran Redmi 9 dan Poco F2 Pro, serta Mi True Wireless Earbuds Basic S, Xiaomi Indonesia turut merilis sistem antarmuka (UI) terbaru, MIUI 12.

Seperti namanya, MIUI 12 merupakan penerus dari MIUI 11 yang telah dirilis untuk sejumlah ponsel Xiaomi sejak tahun lalu.

Dalam sesi peluncuran melalui live streaming di akun YouTube Xiaomi Indonesia, Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse menerangkan tampilan visual sistem MIUI 12 cukup realistis yang memungkinkan pengguna membuat tampilan layar lebih informatif dan komprehensif.

"Tampilannya juga bisa memberikan pengalaman unik dan personal setiap melihatnya. Sehingga pengguna dapat menikmati pengalaman menggunakan sistem operasi yang lebih hidup dan nyata," ujar Albin.

Xiaomi mendukung MIUI 12 dengan Mi Render Engine yang menghasilkan pengalaman antarmuka halus. Serta Mi Physics Engine yang membuat gerakan ikon elegan dan menyimulasikan kurva 3D terinspirasi dari gerakan, serta respons di kehidupan nyata.

Alvin menjelaskan, MIUI 12 juga menghadirkan fitur Super Wallpaper. Fitur baru ini, kata dia, membawa keindahan kosmik ke tingkat baru dengan rekonstruksi bentang alam planet Mars dan Bumi yang ikonik, yang diambil berdasarkan citra resmi dari NASA.

Menurutnya, Super Wallpaper mengkombinasikan Always-on-display, Home Screen, dan Lock Screen dalam tampilan misi luar angkasa yang mengasyikkan.

"Bisa membuat pengguna melihat bagian-bagian lain dari planet. Dengan Super Wallpaper, MIUI 12 menjadi jendela untuk melihat keindahan alam semesta," kata Alvin.

MIUI 12 juga memiliki beberapa fitur dan peningkatan baru, di antaranya solusi multitasking dengan floating windows, penghubung layar kedua, Ultra Battery Saver yang menghemat pemakaian daya tanpa mengganggu panggilan, pesan masuk, dan konektivitas jaringan. Ada pula fitur App Drawer, fitur utama pada launcher Xiaomi untuk POCO yang diterima baik oleh pengguna global.

Jika pengguna mengaktifkan App Drawer, Alvin menambahkan, semua aplikasi akan masuk ke sana sehingga home screen terlihat rapi. App Drawer juga memungkinkan pengelompokan aplikasi otomatis sehingga mudah menemukan aplikasi yang dicari hanya dengan beberapa swipe.

Terakhir MIUI 12 juga memiliki fitur Dark Mode yang dapat diaplikasikan pada aplikasi bawaan sistem ataupun aplikasi dari pihak ketiga.

"Dark Mode memiliki pilihan untuk menyesuaikan kontras secara otomatis dengan cahaya lingkungan sekitar. Dark Mode juga mengurangi pemakaian daya," tutur dia.

Untuk perangkat ketersediaannya, MIUI 12 akan mulai diaplikasikan di beberapa perangkat mulai Agustus 2020.

Perangkat yang tersedia di Indonesia dan akan menerima pembaruan secara bertahap adalah Redmi Note 9, Redmi Note 9 Pro, Redmi Note 8 Pro, Redmi Note 8, Redmi 8, Redmi 8A, Redmi 8A Pro, Redmi 7, Redmi 7A, Redmi Note 6 Pro, Redmi 6 Pro, Redmi 6, Redmi 6A, Redmi Note 5 Pro, Redmi Note 5, Redmi S2, Mi 10, Mi Note 10, Mi Note 10 Pro, Mi 8 Lite, POCOPHONE F1.

"Kami yakin pengguna akan jatuh hati dengan MIUI 12 karena menghadirkan pengalaman penggunaan OS bintang lima dengan serangkaian optimasi bottom-up, peningkatan desain dan animasi yang hidup pada tampilan antarmuka," pungkas Alvin Tse. (inilah.com)