Robert Alberts Mulai Rutin Bersepeda di Bandung

Robert Alberts Mulai Rutin Bersepeda di Bandung

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts mulai rutin menjalankan aktivitas bersepeda. Kegiatan itu dilakukan setiap Sabtu pagi. 

Berbagai tempat dia sambangi. Seperti halnya tempat wisata Tebing Keraton, dan Punclut yang berada di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Meski demikian, Robert mengaku kegiatan sepeda ini tak nampak asing baginya. Menurutnya bersepeda menjadi kebiasannya di negara asalnya Belanda. 

"Di Belanda, harus menggunakan sepeda ketika pergi ke sekolah. Dan setiap hari saya juga bersepeda untuk berlatih," kata Robert. 

Robert mengaku di usia 12 tahun, saat masih menjalani akademi di Ajax Amsterdam, kendaraan yang digunakan adalah sepeda meskipun menghabiskan waktu selama satu jam untuk bisa sampai ke tempat tujuan. 

"Setelah latihan selesai, saya harus menghabiskan waktu satu jam lagi untuk pulang. Jadi saat masih muda, saya pergi kemanapun menggunakan sepeda," tuturnya. 

Namun untuk saat ini, kata Robert, sepeda hanya dijadikan sebagai pengisi waktu luang. Terlebih program latihan bersama di Persib Bandung belum dimulai. 

"Memang sebelumnya sudah bersepeda bersama tim ketika pramusim. Tapi ini berbeda karena berjalan-jalan menggunakan sepeda bersama staf di Bandung. Hanya untuk bersenang-senang," ungkapnya.

Robert mengaku merasakan kesenangan saat bersepeda di Bandung. Sebab rute yang dilalui sangat menantang setelah banyak tanjakan yang harus dilalui. 

"Ini juga bagus untuk melatih mental. Ini juga bisa beristirahat dulu (jika kelelahan) dan tidak terburu-buru. Selain itu bagus juga untuk cardio. Detak jantung saya paling tinggi mencapai 165 dan cukup menarik. Menariknya, dalam satu jam bisa mencapai titik maksimal detak jantung. Penting bagi saya dan itu tergolong tinggi jika melihat usia saya," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)