Kebijakan Penanganan Covid-19 Bodebek Tetap Mengacu DKI Jakarta

Kebijakan Penanganan Covid-19 Bodebek Tetap Mengacu DKI Jakarta
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Bandung- Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi DKI Jakarta fase 2 akan berakhir pada Kamis (16/7/2020) besok. Bagaimana dengan Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek)? 

Diketahui, penanganan pandemi Covid-19 di Bodebek mengacu pada kebijakan yang diterapkan di DKI Jakarta. Mengingat sebagai penyangga Ibu Kota. 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barag Berli Hamdani mengatakan ada beberapa penyesuaian yang mesti dilakukan di wilayah Bodebek. 

"Sebagai daerah penyangga, tentunya Bodebek itu akan tetap memberlakukan secara miroring atau kita mengikuti apa yang diberlakukan di DKI Jakarta, tentu saja dengan melakukan beberapa penyesuaian," ujar Berli di Bandung, Rabu (15/7/2020).

Menurut dia, kebijakan penanganan COVID-19 di wilayah Bodebek sesuai dengan kajian dari epidemiologis. Terlebih penyebaran COVID-19 di wilayah Bodebek berbanding lurus dengan DKI Jakarta, terutama di wilayah Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.

Artinya, ketika kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta meningkat, hal serupa terjadi di Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi yanng juga mengalami peningkatan.

"Jadi, kalau melihat kajian epidemiologi seperti itu, tentunya masih relevan, masih miroring kepada kebijakan yang dilaksanakan oleh DKI Jakarta," katanya.

Sebelumnya, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, Ridwan Kamil menyatakan, penerapan PSBB proporsional di Provinsi Jabar tidak diperpanjang, kecuali di wilayah Bodebek.

Dia juga menyatakan, memperpanjang PSBB di Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, serta Kabupaten dan Kota Bekasi hingga 16 Juli 2020. Menurut dia, keputusan itu diambil berdasarkan data epidemiologi yang menyatakan bahwa wilayah Bodebek masih termasuk ke dalam zona kuning atau level 3.

"Kesimpulannya, PSBB proporsional Bodebek diperpanjang 14 hari karena dari catatan epidemiologi kita, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, dan Kota Depok masih zona kuning," katanya.  (riantonurdiansyah)