Pemkot Bogor Siapkan Figur Terbaik Pengganti Ade Sarip Hidayat

Pemkot Bogor Siapkan Figur Terbaik Pengganti Ade Sarip Hidayat
Sekda Bogor Ade Sarip Hidayat. (Antara Foto)

INILAH, Bogor- Pemerintah Kota Bogor menyiapkan figur terbaik pengganti Ade Sarip Hidayat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, yang akan memasuki masa pensiun pada September 2020.

"Benar Pak Sekda akan pensiun pada tahun ini. Sekarang Pak Sekda masih bekerja," kata Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, di Kota Bogor, Rabu, ketika ditanya soal Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, yang akan memasuki masa purna tugas atau pensiun pada September 2020.

Menurut Dedie A Rachim, Pemerintah Kota Bogor akan menyiapkan figur terbaik untuk pengganti Ade Sarip Hidayat sebagai Sekretaris Daerah ketika memasuki masa pensiun. "Proses penggantiannya akan dilakukan sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku," katanya.

Pemerintah Kota Bogor, kata dia, akan membentuk panitia seleksi yang unsurnya dari dalam dan dari luar Pemerintah Kota Bogor. "Calon-calonnya akan dipilih dari figur yang terbaik dengan kinerja yang baik," katanya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bogor, Taufiq, menambahkan, BKPSDM pada saatnya akan membentuk panitia seleksi (Pansel) untuk pengisian jabatan Sekretaris Daerah atau jabatan tinggi pratama.

Menurut Taufiq, pembentukan Pansel ini jumlahnya ganjil serta unsurnya dari dalam dan dari luar Pemerintah Kota Bogor, komposisinya adalah 45:55. "Figur dari luar yang akan direkrut adalah figur yang mumpuni dan memiliki integritas tinggi. Pembentukan pansel ini, akan dikonsultasikan ke KASN (Komisi Aparat Sipil Negara)," katanya.

Taufiq menggambarkan, figur dari luar Pemerintah Kota Bogor ada banyak pilihan, misalnya Rektor perguruan tinggi terkenal di Bogor, figur dari Kementerian PAN-RB, dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN), atau dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. "Tim pansel yang dibentuk, yakni dari dalam dan dari luar Pemkot Bogor jumlahnya ganjil," katanya.

Ade Sarip Hidayat yang lahir pada10 September 1960 dilantik menjadi Sekretaris Daerah oleh Wali Kota Bogor Diani Budiarto pada 6 Maret 2014 setelah sebelumnya selama sekitar enam bulan menjadi Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Daerah.

Pelantikan Ade Sarip Hidayat sebagai Sekretaris Daerah Kota Bogor berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan Nomor 133/Kep.1196-BKD/2014, tanggal 26 Februari 2014. (Antara)