Lho...Quartararo Bilang Yamaha Bukan Favorit di Jerez

Lho...Quartararo Bilang Yamaha Bukan Favorit di Jerez

INILAH, Jerez - Grand Prix MotoGP bakal dimulai di Sirkuit Jerez, Spanyol, akhir pekan ini. sayangnya, di sini, Yamaha bukan tim yang banyak diperhitungkan.

Tak tanggung-tanggung, penilaian itu disampaikan bakal bintang masa depan Yamaha, Fabio Quartararo. Dia tak percaya Yamaha jadi favorit di Jerez setelah tahun lalu M1 kehilangan peluang di balapan yang rumit.

Yamaha terkenal karena kemampuannya dipacu dalam kecepatan tinggi saat memasuki tikungan. Hal itu terbukti tahun lalu ketika Quartararo memimpin kualifikasi sebagai pembalap baru, sementara Maverick Vinales berada di posisi ketiga.

Tapi, kurangnya power dibandingkan Honda dan Ducati, membuat pembalap Yamaha kerap tertahan dalam balapan yang ramai. Itulah yang membuat kunci kekuatan M1 tak bisa dimaksimalkan.

"Saya kira, kami tak perlu mengatakan Yamaha sebagai favorit. Musim lalu, balapan di sini dimenangkan Honda. Sejujurnya, saya tak merasa seperti itu (Yamaha diunggulkan)," ujar Quartararo setelah Yamaha menduduki posisi 1-2 dalam tes di Jerez Rabu lalu.

Dia mengakui, Yamaha sangat cepat untuk satu putaran. Tapi, dia juga sadar, begitu Ducati, Honda, atau Suzuki sudah ada di depan, Yamaha sering kehilangan potensialnya. Itu karena para pesaing unggul di jalur lurus.

"Saya kira, kami bukanlah favorit yang sesungguhnya. Tapi benar, dalam tes, Maverick sangat cepat. Kami harus berpikir tentang irama yang saya pikir sangat bagus," tambahnya.

Maverick Vinales tak peduli dengan penilaian Quartararo itu. Baginya, target utamanya adalah mencoba melaju terdepan sejak awal dan mencoba memaksimalkan irama kecepatan yang menjadi kekuatan M1.

"Tentu saja, kami harus memperhatikan pembalap lain. Tapi, saya betul-betul konsentrasi pada diri saya sendiri, mencoba memaksimalkan motor di setiap putaran. Buat saya, yang paling penting adalah berada di start terdepan, memimpin memasuki tikungan pertama, dan menjaga irama," ujarnya.