DPRD Usulkan Jalur dan Tempat Parkir Sepeda di Pusat Kota Bogor

DPRD Usulkan Jalur dan Tempat Parkir Sepeda di Pusat Kota Bogor
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor mengusulkan Pemkot Bogor menyediakan jalur juga lahan parkir sepeda di beberapa tempat seperti pusat perbelanjaan dan perkantoran. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengimbangi tren masyarakat yang menggandrungi olah raga sepeda.

Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Jenal Mutaqin mengatakan, pihaknya pun mengusulkan agar beberapa ruas jalan di Kota Bogor disediakan jalan khusus sepeda.

"Pemerintah perlu merespons positif serta dapat memfasilitasi kegiatan hobi bersepeda yang jumlahnya terus bertambah dan diminati warga Bogor," kata Jenal kepada INILAH, Kamis (16/7/2020).

Jenal melanjutkan, usulan itu pun disampaikan dalam perubahan Perda Kota Bogor tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Jangan lupa juga berkaitan tarif baik retribusi dan pajak, semua diatur dalam Undang-undang (UU) 28 tahun 2009 tentang pajak dan retribusi daerah.

"Sampai saat ini, sepeda bukan salah satu objek yang dikenakan pajak. Pendapat saya memutuskan kebijakan yang berdampak luas perlu memperhatikan dulu masukan dari para stakholder serta melihat kondisi di lapangan," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi PKS Kota Bogor Karnain Asyar mengatakan konsekuensi dari tumbuhnya pengendara sepeda itu harus menyediakan ruang parkir yang cukup bagi sepeda. Minimal, memberikan kenyamanan bagi para penegendara sepeda Kota Bogor.

"Untuk insentif bagi pengendara sepeda, secara bertahap bisa diawali dengan free parking (tanpa tarif). Selanjutnya, bisa diberlakukan tarif parkir dengan jaminan kenyamanan dan kemanan yang diberikan penyedia layanan parkir," jelasnya. (Rizki Mauludi)