POR UNI Jalin Kerjasama dengan Bank BJB Tamansari Bandung

POR UNI Jalin Kerjasama dengan Bank BJB Tamansari Bandung
istimewa

INILAH, Bandung - Uitspanning Na Inspaning Bandoeng atau yang biasa dikenal UNI Bandung jalin kerjasama dengan Bank Jabar Banten (BJB) Kantor Cabang Tamansari Bandung. Keduanya sudah menandatangani kontrak di Kantor Bank BJB Cabang Tamansari, Kota Bandung, Jumat (17/7/2020). 

Plt Pimpinan Cabang Bank BJB Cabang Tamansari Bandung, Bambang Kendra beralasan kerjasama ini dilakukan karena Sekolah Sepak Bola (SSB) UNI lahir di Bandung. Bahkan UNI mampu menciptakan banyak pesepak bola handal hingga membela klub-klub profesional seperti Febri Hariyadi, Dedi Kusnandar, M Natshir Fadhil Mahbuby yang kini membela Persib Bandung. 

"Landasan ini, pertama adalah kita saling percaya dan membangun kerjasama. Mudah-mudahan ke depan bisa lebih difokuskan lagi terhadap pengelolaan dan juga manajerial dari sisi keuangan pada khususnya. Karena sesuai dengan sektor kami di lembaga keuangan," kata Bambang. 

Bambang juga merasa kerjasama ini akan memiliki banyak keuntungan bagi kedua belah pihak. Bagi UNI dalam hal pengelolaan, sementara bagi Bank BJB bisa mempromosikan produk-produk yang sudah ada. 

"Kontraknya tentatif. Bisa saja yang sekarang satu tahun atau dua tahun. Dan kalau kerjasama dirasa cukup baik ke depan mungkin nanti bisa kami perpanjang. Mudah-mudahan ini bisa terus berkelanjutan sampai kita mendapatkan prestasi cukup baik, baik dari UNI maupun Bank BJB itu sendiri," harapnya.

Disisi lain, Ketua SSB UNI Bandung, Benny Oewes mengaku bersyukur dengan kerjasama ini. Sebab kerjasama ini merupakan keinginannya selama ini. 

"Kami itu sudah sejak lama menginginkan suatu kerjasama terutama yang menyangkut masalah keuangan. Karena keuangan itu sangat sensitif sekali. Maka kita berpikir bagaimana caranya uang iuran ini berada dalam satu bank. Dan alhamdulillah secara formal sudah berjalan minggu depan," kata Benny. 

Benny mengaku ingin menjadikan UNI semakin terus berkembang. Terlebih UNI memiliki tiga lapangan latihan dengan luas aset kurang dari dua hektare.

Benny berencana menjadikan fasilitas lapangan bisa digunakan sarana jogging, sarana tari dan rumputnya diubah menjadi rumput sintetis yang layak. Lalu ditambah tribune penonton, gym, penginapan, hingga kantin sehat. 

"UNI menginginkan sekali adanya Ayah angkat supaya bisa mendorong kami lebih maju lagi ke depan. Karena kalau dilihat UNI tuh iuran saja dari 450 orang jika dikalikan Rp150 ribu, berapa. Belum dari pendaftaran. Ini kan bukan uang kecil. Maka kita ingin mengunci dengan kerjasama Bank BJB. Mungkin nanti kalau sudah survei kesana lihat, saya inginkan ada mobil standby disana. Jadi biar bisa langsung setor uang," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Bisnis Development SSB UNI, Boy Jati Asmara menuturkan, pengelolaan sepak bola dalam kepengurusan saat ini telah berbekal rancangan besar dengan pola manajemen yang profesional. Sejumlah target awal mulai digulirkan dengan serangkaian realisasi.

Agar kinerja makin melesat, UNI membuka kontrak branding bersama sejumlah sponsor, mekanisme registrasi online kerja sama dengan perbankan, pengadaan les Bahasa Inggris bagi siswa dan pelatih, kejuaraan antarsponsor, dan peningkatan fasilitas.

Keberadaan sponsor berguna untuk menjaga keberlangsungan SSB sekaligus mempercepat pengembangan sekolah menuju akademi profesional. Selain dengan BJB, SSB UNI juga telah beberapa kali menggelar kompetisi bersama sponsor.

Main bola tidak sekadar bermain di lapangan. Pendidikan Bahasa Inggris dan teknik komunikasi ditekankan bagi siswa SSB UNI sebagai persiapan menghadapi media dan publikasi. "Jadi lebih berkualitas. Saat berbicara di depan khalayak, press conference, atau sekadar caption di media sosial masing-masing," ujarnya. (Muhammad Ginanjar)