DPRD Jabar Dorong Sekolah Miliki CCTV

DPRD Jabar Dorong Sekolah Miliki CCTV
net

INILAH, Bandung – Guna memastikan kegiatan belajar mengajar (KBM) berjalan lancar, Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Dadang Kurniawan mendorong sekolah-sekolah untuk memasang closed-circuit television (CCTV) di tiap ruangan.

Dia mengatakan, dari hasil reses beberapa waktu lalu. Sudah ada beberapa sekolah yang sudah memiliki CCTV, yang dianggapnya sebuah kemajuan dalam dunia pendidikan. Dadang berharap, sekolah lain di Jawa Barat untuk mengadakan hal serupa. Sehingga aktivitas siswa dan guru di kelas bisa terpantau dengan baik.

“Kemarin, ketika kami reses ke sekolah-sekolah. Saya lihat ada suatu kemajuan, selain dari sisi pelayanan. Ketika saya ke SMK 1 Ciparay, mereka aktif melakukan rapat virtual dan MPLS virtual. Kepala sekolah memantau pakai CCTV untuk memantau aktivitas guru. Ini menurut saya sebuah terobosan. Ada baiknya seluruh sekolah memiliki perangkat yang sama. Tidak hanya bisa memantau aktivitas belajar mereka, tetapi ketika sekarang kita juga bisa mengontrol apakah protokol kesehatan sudah diikuti atau belum. Nah ini sangat baik, jika di setiap kelas pakai CCTV. Jadi bisa terpantau semua,” kata Dadang kepada INILAH, Jumat (17/7/2020).

Bahkan, kata Dadang, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat pun dapat turut memantau setiap aktivitas di tiap sekolah jika sudah merata. Sehingga, kekurangan atau kendala yang terjadi di lapangan dalam KBM dapat segera terlihat dan segera diatasi.

“Kalau perlu juga bisa konek ke Dinas Pendidikan. Jadi mereka bisa melihat sendiri bagaimana aktivitas di sekolah seperti apa. Kendala apa yang ada di lapangan, juga jadi cepat terpantau dan bisa segera diselesaikan. Menurut saya, ini adalah sebuah langkah baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita,” harapnya. (Yuliantono)